Apakah Fungsi Flora usus

Flora usus yaitu keseimbangan antara bakteri yang baik dan jahat yang semuanya berkumpul dalam usus besar. Jika antara bakteri baik dan jahat terjadi ketidakseimbangan, bisa memberi dampak ketidakseimbangan terhadap kesehatan tubuh.

Komposisi bakteri jahat yang lebih dominan daripada bakteri baik akan berdampak pada gangguan kesehatan seperti diare, sembelit, kembung, sariawan, dan kemunculan jamur dalam usus.

Komposisi paling ideal dalam usus besar adalah populasi bakteri baik harusnya lebih dominan jika dibandingkan dengan bakteri jahat karena perlu adanya upaya tubuh mempertahankan mikroflora usus yang sehat dengan bakteri baik.

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang bakteri, mereka menggambarkan organisme penyebab penyakit dan kebutuhan untuk melawan infeksi. Meskipun ada banyak jenis bakteri berbahaya, tubuh mengandung banyak bentuk bakteri yang membantu atau “ramah” di saluran usus. Dikenal sebagai flora usus, organisme ini terdiri dari bakteri, jamur, protozoa dan ragi, dan memiliki tujuan khusus yang membantu tubuh.

Saluran gastrointestinal adalah sistem kompleks yang memungkinkan tubuh untuk mencerna dan menyerap makanan sambil memindahkan limbah untuk ekskresi. Agar saluran usus berfungsi dengan baik, flora normal harus ada. Flora usus adalah jenis mikroorganisme yang dikenal sebagai probiotik yang hidup normal sebagai bagian dari saluran usus. Organisme ini memiliki beberapa fungsi yang membantu tubuh, tetapi juga mendapatkan manfaat dari inangnya. Misalnya, mikroba ini berada di saluran usus, di mana mereka menerima nutrisi untuk pertumbuhan. Flora usus ditemukan di usus besar dan kecil.

Pencernaan

Flora usus mungkin membantu pencernaan makanan untuk membentuk komponen lain. Misalnya, Lactobacillus acidophilus menciptakan asam laktat dan hidrogen peroksida di usus selama proses pencernaan karena memecah makanan, menurut University of Maryland Medical Center. Produk yang dihasilkan mungkin melayani tujuan lain juga, seperti untuk kekebalan. Selain itu, beberapa flora usus mungkin membantu pencernaan dengan memecah protein atau membantu tubuh mencerna produk susu.

Kekebalan

Beberapa jenis flora usus normal bekerja untuk melindungi tubuh terhadap jenis infeksi tertentu. Ini mungkin melalui menghambat pertumbuhan organisme berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi. Misalnya, Lactobacilli adalah flora usus dan dianggap sebagai bakteri “ramah”. Organisme ini menghambat pertumbuhan Candida albicans, sejenis ragi yang dapat menyebabkan infeksi. Atau, beberapa jenis flora usus mencegah infeksi dengan menciptakan penghalang usus. Sebagai contoh, Bifidobacteria menghasilkan zat yang menahan pertumbuhan beberapa jenis bakteri gram negatif dan gram positif.

Sintesis Nutrisi

Tidak hanya flora usus bekerja untuk membantu tubuh memecah dan mencerna makanan, mereka juga bertanggung jawab untuk mensintesis beberapa jenis vitamin dan nutrisi. Misalnya, flora usus yang normal membantu tubuh membuat vitamin K. Mereka juga memberikan bantuan dengan penyerapan mineral dan bekerja untuk mengubah beberapa jenis pati dan gula menjadi sumber energi bagi tubuh.

Loading...