Sebutkan 11 perbedaan Retikulum Endoplasma kasar dan halus

Retikulum endoplasma adalah organel yang berupa kumpulan kantung seperti membran berbentuk pipa, gelembung, dan kantung pipih yang meluas dalam sitoplasma sel eukariot. Retikulum Endoplasma merupakan bagian sel yang terdiri atas sistem membran. Retikulum endoplasma dibagi dua kategori, yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. Retikulum Endoplasma sendiri terdiri atas ruangan-ruangan kosong yang ditutupi dengan membran dengan ketebalan 4 nm (nanometer, 10-9 meter).

Ada dua jenis retikum endoplasma (ER) yang melakukan fungsi yang berbeda di dalam sel, yaitu Retikulum Endoplasma kasar (rough ER), yang ditutup oleh ribosom pada permukaan luarnya, berfungsi pada sintensis protein. Dan Retikum Endoplasma halus (smooth ER) tidak ditutupi oleh ribosom dan terutama dilibatkan pada metabolisme lipid dari pada protein.

Apakah Yang Dimaksud Retikulum Endoplasma Kasar ?

Adalah jenis Retikulum Endoplasma yang memiliki tekstur kasar sebab di permukaan Retikulum Endoplasma kasar ini terdapat bintik bintik yang merupakan ribosom dan memiliki peran di dalam sintesis protein maka dari itu fungsi utama dari Retikulum Endoplasma kasar ini adalah sebagai tempat untuk melakukan proses sintesis protein.

Apakah Yang Dimaksud Retikulum Endoplasma Halus ?

Adalah kebalikan dari Retikulum Endoplasma kasar karena Retikulum Endoplasma halus ini memiliki permukaan yang halus dan tidak terdapat bintik bintik ribosom yang berfungsi untuk membantu beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan juga konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat obatan dan juga menjadi tempat melekatnya reseptor pada protein membrane sel.

Ada beberapa perbedaan diantara retikulum endoplasma halus dan kasar, yaitu:

  1. pada Retikulum Endoplasma kasar, permukaannnya ditempeli ribosom, sedangkan Retikum Endoplasma halus
  2. Retikulum Endoplasma kasar terdiri dari interkoneksi, struktur seperti kantung, yang terlihat seperti cakram diatur dalam baris teratur. Retikum Endoplasma halus seperti jaringan tubulus saling berhubungan.
  3. fungsi Retikulum Endoplasma kasar untuk mensintesis protein. sedangkan Retikum Endoplasma halus berfungsi untuk sintesis dan metabolisme lipid, juga untuk penyimpanan dan transportasi.
  4. Ribosom hanya ada di atas permukaan retikulum endoplasma kasar.
  5. Retikum Endoplasma halus terutama terbuat dari vesikel dan tubulus sementara Retikulum Endoplasma kasar terbuat dari cisternae dan tubulus.
  6. Retikum Endoplasma halus terlibat dalam sintesis glikogen, lipid, dan steroid sementara RE kasar terlibat dalam sintesis protein dan enzim.
  7. Retikulum Endoplasma kasar membantu dalam pembentukan lisosom melalui aparat Golgi dan Retikum Endoplasma halus menimbulkan sferosom.
  8. Pori-pori sempit hadir di bawah Retikum Endoplasma kasar, mereka adalah bagian dari polipeptida yang baru disintesis menjadi saluran retikulum endoplasma. Pori-pori ini tidak ada dalam Retikum Endoplasma halus.
  9. Retikulum Endoplasma kasar sering internal dan terhubung dengan amplop nuklir sementara bersifat perifer dan mungkin terkait dengan plasmalemma.
  10. Di Retikum Endoplasma halus ribophorins tidak ada tetapi hadir dalam Retikulum Endoplasma kasar dan berfungsi untuk memberikan keterikatan pada ribosom.
  11. Retikulum Endoplasma kasar dapat berkembang dari membran luar dari envelope nuklir dan Retikum Endoplasma halus dapat terbentuk oleh hilangnya ribosom dalam Retikulum Endoplasma kasar.

7 Fungsi Retikulum Endoplasma

  1. Berfungsi untuk mendukung sintesis protein dan juga untuk menyalurkan bahan genetika yang berada di antara inti sel dengan sitoplasma.
  2. Berfungsi sebagai alat transportasi zat zat yang terdapat di dalam sel tersebut.
  3. Memiliki fungsi untuk menjadi kalsium yang nantinya akan dikeluarkan dari Retikulum Endoplasma untuk kemudian menuju ke sitosol.
  4. Berfungsi untuk memodifikasi protein yang disintesis oleh riboson untuk nantinya disalurkan ke kompleks golgi dan akhirnya akan dikeluarkan dari sel.
  5. Berfungsi untuk mensintesis lemak dan juga kolesterol yang terjadi di hati, fungsi ini bisa diberikan oleh Retikulum Endoplasma halus dan Retikulum Endoplasma kasar.
  6. Berfungsi untuk menetralkan racun atau proses detoksifikasi pada Retikulum Endoplasma yang terletak di sel sel hati.
  7. Berfungsi untuk menjadi sarana transportasi molekul molekul dan juga bagian sel yang satu ke bagian sel yang lainnya.
Loading...