Bagaimana proses dan tahapan daur fosfor

Proses dan tahapan daur fosfor. Pengertian Daur fosfor adalah suatu proses perubahan fosfat anorganik menjadi fosfat organik kemudian kembali lagi mejadi fosfat anorganik secara terus – menerus, berkesinambungan dan tanpa jeda.

Yang dimaksud Siklus fosfor adalah proses alami rotasi fosfor yang lambat, yang melibatkan lima tahap. Fosfor merupakan elemen yang dapat ditemukan dalam beberapa bentuk senyawa dalam air, tanah dan sedimen. Fosfor adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman dan hewan. Fosfor memiliki peran penting dalam pertumbuhan sel dan merupakan komponen kunci dari molekul yang menyimpan energi adenosin trifosfat (ATP), asam deoksiribonukleat (DNA) dan lipid. mengikuti siklus fosfor artikel diskusi yang akan dijelaskan secara penuh:

Yang pertama: pelapukan batuan – Karena sumber utama fosfor ditemukan dalam batuan, langkah pertama melibatkan ekstraksi siklus fosfor fosfor pelapukan oleh batuan. peristiwa cuaca seperti hujan dan erosi, sehingga sebagian besar bergerak fosfor dan dicampur ke dalam tanah. Rock pada kontak dengan air hujan, akan melepaskan ion fosfat dan mineral lainnya dari waktu ke waktu.

Yang kedua adalah penyerapan oleh tumbuhan dan Hewan. Setelah fosfat berada di tanah, maka tahap berikutnya dari tanaman, jamur dan mikroorganisme mampu menyerap fosfor ke dalam pertumbuhan sekitarnya. Tanaman ini juga akan memungkinkan untuk dikonsumsi oleh herbivora. Beberapa hewan herbivora cenderung mati dimakan oleh binatang Karnivora.

Kemudian yang ketiga, Kembali ke lingkungan melalui dekomposisi yang dilakukan oleh Pengurai – Fosfat kemudian menjadi molekul organik seperti DNA, dan ketika tanaman atau mati hewan kemudian membusuk, fosfat organik akan dikembalikan ke tanah melalui dekomposisi yang dilakukan oleh mikroba.

Keempat ialah bakteri dalam tanah dan kemudian memecah bahan organik menjadi bentuk fosfat yang dapat diserap oleh tanaman. Ini juga merupakan proses yang disebut mineralisasi.

Dan yang kelima fosfor dalam tanah dapat berakhir di saluran air dan laut, dan bisa masuk ke dalam sedimen dari waktu ke waktu.

Manfaat Fosfor adalah:

  • bermanfaat untuk proses dalam tubuh, seperti metabolisme karbohidrat, lemak, dan asam nukleat
  • untuk pembuatan pupuk, bahan peledak, kembang api, pasta gigi, deterjen, korek api, dan pestisida
  • Fosfat berpengaruh secara biologis pada komponen nukleotida dan asam nukleat pembentuk DNA dan RNA tubuh
  • Fosfor bermanfaat sebagai agen penyangga tubuh dalam menjaga homeostasis asam basa tubuh
Loading...