Bagaimana Saya Memulai Akting Teater?

Perangko dengan potret Constantin Stanislavski, pencipta metode akting Stanislavski.

Tidak ada jalur karir tunggal untuk diikuti dalam hal membobol akting teater. Beberapa aktor profesional benar-benar memulai dengan tampil di sekolah atau acara yang disponsori gereja sebagai anak-anak, sementara yang lain bahkan tidak mempertimbangkan akting teater sampai dewasa. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan seseorang untuk meningkatkan peluangnya mendapatkan pekerjaan profesional sebagai aktor teater, namun dalam banyak situasi, proses perekrutan dipandu oleh kekuatan selain pelatihan atau pengalaman. Seseorang dapat berperan dalam peran teater karena penampilan fisiknya, kemampuan menyanyi atau menari, atau faktor tak berwujud lainnya. Banyak aktor televisi atau film profesional memulai karir akting mereka dengan “menginjak papan”, mengacu pada akting teater yang sah.

Pertunjukan lokal dapat mempersiapkan seseorang untuk akting teater.

Salah satu cara untuk memulai akting teater adalah dengan memanfaatkan setiap kesempatan untuk tampil secara lokal. Banyak kelompok teater komunitas dan amatir mengadakan audisi terbuka untuk produksi masa depan, dan mungkin ada kebutuhan untuk pemain dari semua kelompok umur. Audisi ini umumnya diiklankan di surat kabar lokal dan dari mulut ke mulut. Sutradara dan/atau produser pertunjukan akan muncul di lokasi tertentu, seringkali di auditorium atau bengkel kosong , dan meminta aktor yang tertarik untuk menampilkan monolog pendek yang disiapkan atau adegan bernaskah dari drama tersebut. Beberapa peran mungkin membutuhkan suara nyanyian yang kuat, jadi seorang pemain mungkin harus menyiapkan lagu acapella pendek atau menyediakan musik latar. Semua persyaratan khusus untuk audisi terbuka ini harus disertakan dalam paket informasi atau dalam salinan iklan.

Kelompok teater amatir sering mengadakan audisi terbuka.

Teater komunitas adalah cara yang baik untuk mendapatkan kepercayaan diri dan pengalaman akting, tetapi banyak perusahaan teater profesional juga ingin memilih aktor yang telah melalui program pelatihan terakreditasi. Jenis pendidikan akting profesional ini dapat dicapai dengan mendaftar di program teater perguruan tinggi atau mendaftar untuk kelas akting pribadi yang ditawarkan oleh aktor teater berpengalaman. Beberapa jurusan teater dapat mengejar pekerjaan profesional dengan gelar Bachelor of Arts, sementara yang lain mungkin memilih untuk menyelesaikan gelar Master of Fine Arts sebelum memasuki dunia kerja yang terkenal kompetitif. Pelatihan teater harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari sejarah teater serta tuntutan mental dan fisik dari kerajinan tersebut.

Masuk ke dunia akting teater profesional bisa menjadi tantangan yang menakutkan, dan banyak aktor pemula harus mendukung diri mereka sendiri melalui cara lain. Jadwal kerja untuk aktor yang bekerja juga harus mencakup beberapa fleksibilitas, karena peran dalam produksi teater profesional dapat memerlukan perjalanan atau jadwal pertunjukan yang menuntut. Beberapa aktor merasa lebih mudah untuk memulai karir mereka di sirkuit teater makan malam regional atau tempat hiburan non-serikat pekerja lainnya. Banyak aktor profesional sangat didesak untuk bergabung dengan asosiasi atau serikat kesetaraan aktor, dan sejumlah kelompok teater profesional hanya akan mempekerjakan aktor serikat pekerja. Seorang aktor pemula mungkin juga ingin mencari manajer atau agen bakat yang memenuhi syarat yang dapat mengatur audisi dan memperkenalkan bakat yang menjanjikan kepada sutradara dan produser yang berpengaruh. Akting teater adalah upaya kolaboratif antara seorang aktor dan orang lain yang mengandalkan keterampilan, pelatihan, dan daya tariknya untuk menghasilkan produksi yang sukses. Itu juga bisa menjadi dunia pesta atau kelaparan, jadi siapa pun yang tertarik menjadi aktor teater harus siap untuk membuat sejumlah pengorbanan sebelum menjadi profesional yang mapan.

Updated: 07/05/2024 — 15:04