Homologi adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, homologi adalah sama asal-usulnya sehingga menunjukkan adanya hubungan kekerabatan sekalipun bentuk, susunan, atau fungsinya mungkin berlainan.

Pengertian homologi adalah organ- organ tubuh yang mempunyai fungsi berbeda, tetapi mempunyai ada dasar yang sama. Karakteristik yang ada pada organisme nenek moyang berubah melalui seleksi alam pada keturunannya seiring waktu ketika organisme berhadapan dengan kondisi yang berbeda-beda. Akibatnya, species yang berkerabat bisa memiliki karakteristik dengan kesamaan yang mendasar walaupun memiliki fungsi yang berbeda. Contoh: sayap kupu-kupu dan tangan manusia; sayap burung dan tangan manusia.

Homologi adalah salah satu bukti dari adanya evolusi. Homologi adalah kesamaan pada beberapa spesies yang dihasilkan dari leluhur yang sama. Salah satu contoh homologi adalah tungkai pada lengan manusia memiliki struktur dan susunan yang sama dengan sayap burung dan sirip paus, walaupun semua struktur tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

 

Loading...