Sebutkan 6 Fungsi Membran Sel

Semua makhluk hidup terbuat dari sel dan semua sel memiliki bagian berbeda yang melakukan fungsi tertentu. Salah satu bagian yang ada di setiap sel disebut membran sel. Dalam artikel ini, kita akan membahas struktur dan fungsi membran sel, menjawab pertanyaan “apa yang dilakukan membran sel?” Dan “mengapa membran sel penting?”

Apa fungsi membran sel?

Fungsi membran sel utama adalah untuk melindungi bagian dalam sel. Membran sel mengelilingi sitoplasma sel (baik sel tumbuhan dan hewan). Sebagai zat tipis, semi-permeabel, membran sel membiarkan beberapa hal masuk ke dalam sel sambil menjaga yang lain keluar. Membran sel sangat penting untuk menjaga sel tetap aman.

Karena membran sel memiliki struktur semi permeabel, membran ini juga memberikan sedikit bentuk pada sel. Meskipun tidak setebal atau sekokoh dinding sel yang ditemukan dalam sel tanaman, membran sel memang membantu mendukung dan memberi struktur pada sel.

Membran sel juga bertanggung jawab untuk membantu sel-sel tumbuh melalui dua proses yang dikenal sebagai endositosis dan eksositosis.

Apa itu Endositosis?

Selama endositosis, bahan dari luar sel dibawa ke dalam sel dan kemudian diserap. Endositosis membantu sel mendapatkan bahan yang mereka butuhkan.

Ada tiga jenis endositosis. Pada pinositosis, sel-sel mengambil sejumlah kecil cairan ekstraseluler untuk membantu mereka terhidrasi. Dalam endositosis yang dimediasi reseptor, molekul ekstraseluler yang besar, seperti protein, terikat pada reseptor pada membran sel. Dalam fagositosis, sel-sel mencerna benda-benda besar, seperti bongkahan bahan organik yang mati, dan menyegelnya menjadi vakuola besar dan mencernanya.

Apa itu eksositosis?

Pada eksositosis, sel melepaskan zat ke lingkungannya. Selama eksositosis, vesikel yang mengandung zat dipindahkan ke membran sel dan bergabung dengannya.

Fungsi membran sel ini memiliki tiga hasil: permukaan total membran meningkat, racun atau produk limbah dihilangkan, dan protein menjadi bagian dari membran plasma.

Struktur Membran Sel

Membran sel terutama terdiri atas lipid dan protein.

Lipid adalah jenis molekul organik yang ditemukan pada makhluk hidup. Lipid berminyak atau berlilin. Lemak dibuat dari molekul lipid.

Protein adalah molekul besar dan kompleks yang ditemukan pada makhluk hidup. Mereka terdiri dari asam amino dan melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan struktur, fungsi, dan pengaturan jaringan dan organ tubuh.

Ada tiga jenis lipid dan dua jenis protein yang ditemukan di membran sel.

Lipid Membran Sel

Ada tiga jenis lipid yang ditemukan di membran sel:

Fosfolipid adalah komponen utama membran sel. Mereka berbaris dan membentuk lapisan ganda yang dimiliki semua membran sel. Bentuk fosfolipid lapisan ganda membantu melindungi sel dengan hanya membiarkan bahan tertentu melewatinya.

Kolesterol adalah lipid yang membantu membran sel menjadi terlalu kaku. Kolesterol bertindak sedikit seperti anjing gembala – ini menggembalakan fosfolipid dan mencegahnya berkerumun bersama.

Glikolipid ditemukan di permukaan membran sel dan membantu sel mengenali sel-sel lain dalam tubuh.

Protein Membran Sel

Membran sel memiliki dua jenis utama protein yang kemudian memiliki fungsi spesifik dalam kategorinya.

Protein perifer adalah protein yang melekat pada bagian luar membran sel. Mereka terlibat dengan membran sel karena interaksi dengan jenis protein lain.

Protein membran integral melewati membran itu sendiri.

Fungsi Membran Sel

Fungsi Membran Sel

Kelas Protein Membran Perifer dan Integral

Ada empat kelas berbeda dari protein membran perifer dan integral. Kedua protein membran perifer dan integral memiliki struktur, reseptor, molekul transportasi, dan glikoprotein.

Pertama, ada protein struktural, yang, seperti namanya, membantu memberi struktur pada sel.

Selanjutnya, ada protein reseptor. Protein ini membantu sel berkomunikasi dengan sel lain (pikirkan penerimaan ponsel). Mereka menggunakan hormon, neurotransmiter dan hal-hal lain untuk berbicara dengan sel lain.

Molekul pengangkut seperti kapal feri. Mereka membantu membawa bahan melalui membran sel.

Akhirnya, glikoprotein juga membantu dalam komunikasi dan transportasi.

Ringkasan Fungsi Membran Sel

  • Ada banyak bagian sel, seperti kromosom, nukleus, alat Golgi, dan membran sel.
  • Struktur dan fungsi membran sel bertindak sebagai penjaga gerbang ke sel. Membran sel memberi bentuk pada sel dan membantu menghindarkan material jahat sementara juga membawa material yang baik ke dalamnya.
  • Semua sel memiliki membran sel, yang sebagian besar terdiri dari lipid dan protein.
Loading...
Sebutkan 6 Fungsi Membran Sel

Semua makhluk hidup terbuat dari sel dan semua sel memiliki bagian berbeda yang melakukan fungsi tertentu. Salah satu bagian yang ada di setiap sel disebut

Editor's Rating:
5