Jelaskan pengaruh media sosialisasi terhadap kepribadian seseorang

Pada jaman sekarang ini media sosialisasi semakin canggih dan berkembang pesat. Terlebih lagi dengan hadirnya internet, maka jarak yang jauh tidak akan terasa jauh karena komunikasi bisa berjalan cepat.

Dengan hadirnya internet, diikuti dengan teknologi informasi yang lain, dan utamanya saat ini yang sedang digandrungi yaitu media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Banyaknya media sosialisasi memberikan dampak terhadap kepribadian seseorang, baik positif maupun negatif.

Di bawah ini adalah beberapa pengaruh media sosialisasi terhadap kepribadian.

  1. Memperkuat perilaku mencari popularitas. Salah satu dampak sosial media yang paling sering muncul dan menjadi pembahasan adalah munculnya perilaku “mencari”, yang berhubungan kuat dengan popularitas. Penggunaan sosial media banyak memicu munculnya perilaku mencari popularitas, dimana seseorang menggunakan sosial media hanya agar dirinya dilihat dan diakui oleh orang lain. hal inilah yang kemudian akan berdampak pada perkembangan kepribadian seorang remaja.
  2. Meningkatkan kecemasan dan depresi. Alasan pertama yang menyebabkan hal ini muncul adalah karena pertemanan di sosial media sifatnya hanyalah sementara dan tidak nyata, dimana seseorang tidak bertemu dan berinteraksi dengan “teman” di dalam kehidupan nyata. Hal ini akan berdampak ketika misalnya seseorang melihat postingan temannya yang bahagia dan menyenangkan, di saat dirinya sedang merasa tidak nyaman. Hal ini akan membuat dirinya merasa sedih dan tidak bahagia dengan dirinya dan hidupnya sendiri. Inilah yang kemudian dapat memunculkan kecemasan dan juga depresi pada diri seorang remaja.
  3. Berpotensi Menimbulkan Sifat Iri Hati. Peneliti dari Jerman menemukan hasil jika keberhasilan dari teman lainnya yang diposting ke dalam sosial media dapat memicu timbulnya perasaan iri, kesepian, dan menderita. Penelitian ini melibatkan kurang lebih 600 peserta. Studi yang dilakukan University of British Columbia pad atahun 2015 melaporkan hasil penelitian yang sama. Mereka telah melakukan survey setidaknya pada 1.100 pengguna facebook dan menemukan jika sebagian besar dari mereka memiliki potensi untuk dapat merasa iri hati.
  4. Memudahkan komunikasi
  5. Memudahkan pencarian informasi
  6. Memudahkan mendapat relasi-relasi yang baru
  7. Sebagai media hiburan
Loading...