Kebijakan Daendels Bidang Bidang Militer dan Pertahanan

Kebijakan Daendels Bidang Bidang Militer dan Pertahanan yang utama adalah Membangun jalan antara Anyer-Panarukan.. Selain itu peran penting Membangun benteng-benteng pertahanan. . Berikutnya yang tidak kalah penting Kebijakan Daendels Bidang Bidang Militer dan Pertahanan adalah Membangun pangkalan angkatan laut di UjungPandang dan Surabaya. adalah fungsi penting berikutnya. Kebijakan Daendels Bidang Bidang Militer dan Pertahanan selanjutnya Membangun pabrik senjata di Gresik dan Semarang. . Kebijakan Daendels Bidang Bidang Militer dan Pertahanan yang mungkin manfaat tidak anda sadari Menambah jumlah angkatan perang dari 3000 orang menjadi 20.000 orang.

Kedatangan Daendels di Indonesia sebagai gubenur jenderal mempunyai tugas pokok mempertahankan Pulau Jawa agar tidak jatuh ke tangan Inggris dan memperbaiki keadaan tanah jajahan. Daendels berusaha mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris dengan melakukan tindakan, antara lain sebagai berikut;

  1. Membuat jalan raya dari Anyer sampai Panarukan.
  2. Mendirikan benteng-benteng pertahanan.
  3. Membangun pangkalan Angkatan Laut di Merak dan di Ujung Kulon.
  4. Memperkuat pasukan dengan beranggotakan orang Indonesia.
  5. Mendirikan pabrik senjata di Semarang dan Surabaya.

Pengangkatan Daendels Sebagai Gubernur

Kerajaan Belanda jatuh ke tangan Perancis setelah serangan bertubi-tubi yang dilakukan Perancis dalam kurun waktu Desember 1794 hingga Januari 1795. Segera setelah Belanda jatuh, Perancis membuat pemerintahan boneka di sana dengan membubarkan pemerintahan Heeren XVII dan menggantinya dengan sebuah komite baru. Tahun 1806, Napoleon mengangkat Louis Napoleon sebagai penguasa di negeri Belanda.
Louis Napoleon sebagai penguasa baru di negeri Belanda mengirimkan Herman Willem Daendels ke Hindia Belanda guna mengamankan daerah itu dari serangan Inggris. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Inggris merupakan musuh besar Perancis.
Belanda yang telah jatuh ke tangan Perancis secara tidak langsung menyebabkan negeri itu menjadi musuh Inggris. Louis Napoleon butuh figur untuk dapat mengamankan pulau Jawa yang merupakan sentral kekuasaan Belanda di kawasan samudera Hindia dan Asia Tenggara.
Daendels adalah seorang pemuja prinsip–prinsip pemerintahan yang revolusioner. Dia membawa suatu gagasan pembaruan dengan berusaha untuk memberantas ketidakefisienan, penyelewengan, dan korupsi yang terjadi terutama di Jawa yang menjadi pulau sentral kekuasaan Belanda.Pada tanggal 1 Januari 1808, Daendels tiba di pelabuhan kecil dekat Banten.
Setelah sampai di Batavia, dia kemudian memutuskan untuk meninggalkan kota yang menurutnya tidak sehat itu dan pindah ke Buitenzorg (Bogor). Daendels kemudian mulai bekerja memangkas korupsi, menata administrasi, dan menata jalan serta benteng.