Mengapa Bisa Terjadi Meniskus Cekung Dan Cembung

Mengapa Bisa Terjadi Meniskus Cekung Dan Cembung: Pernahkah terbayangkan olehmu mengapa terjadi hal demikian? Atau mungkin Pernahkah kalian melihat embun pagi hari, keliahatan indah bukan. Yang menjadi pertanyaan mengapa hal ini bisa terjadi. Hal ini terjadi karena berhubungan dengan miniskus cekung dan miniskus cembung. Apa perbedaan miniskus cekung dan miniskus cembung mari kita pelajari bersama..

Meniskus cekung pada air terjadi karena gaya adhesi antara air dengan dinding pipa lebih besar dibandingkan gaya kohesi antara molekul molekul air. Cairan cenderung ditarik mendekati dinding pipa. Meniskus cembung pada raksa terjadi karena gaya kohesi antara molekul molekul raksa lebih besar dibandingkan gaya adhesi antara raksa dengan dinding .Meniskus dibedakan menjadi yaitu meniskus cekung dan meniskus cembung.

Contoh dari meniskus cekung adalah ketika air dimasukkan ke dalam tabung reaksi. Kohesi yang terjadi lebih kecil dibandingkan dengan adhesi dari partikel cair dan tabung reaksi. Akibat meniskus cembung dan meniskus cekung dan gaya kohesi adhesi maka mengakibatkan perbedaan ketinggian zat cair raksa dan air dalam pipa kapiler pipa kapiler yang saling terhubung atau yang disebut dengan bejana berhubungan.

Terjadinya gaya kohesi dan adhesi mengakibatkan adanya peristiwa miniskus cekung dan miniskus cembung. Terjadinya Miniskus cembung, Apabila raksa dimasukkan kedalam pipa kapiler maka raksa yang akan berbentuk cembung , hal ini disebabkan karena gaya kohesi antara partikel raksa lebih besar dari pada gaya adhesi partikel raksa dengan partikel pipa kapiler. Peristiwa ini disebut dengan miniskus cembung.

Terjadinya Miniskus cekung Apabila air dimasukkan kedalam pipa kapiler maka air yang akab berbentuk cekung, hal ini disebabkan karena gaya adhesi partikel air dengan partikel pipa kapiler lebih besar dari pada gaya kohesinya. Peristiwa ini disebut dengan miniskus cekung.

 

Loading...