Pada akhir jaman akan muncul orang mukmin yang lebih hina dari hewan

Dari Anas r.a. ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Kelak akan datang suatu zaman atas manusia, di saat itu ada orang mukmin yang lebih hina daripada kambingnya.”

Kebenaran sabda Nabi Muhammad saw diatas tidak hanya terjadi di masa ketika beliau masih hidup, tetapi jauh setelah beliau menghadap Yang Maha Kuasa, segala yang dikatakan beliau mengandung kebenaran.

Sebagai makhluk yang berakal, pasti kita tidak menerima jika dikatakan bahwa kita tidak lebih mulia dibandingkan dengan hewan. Karena kita beranggapan bahwa hewan adalah makhluk terendah bila dibandingkan dengan makhluk lainnya (kecuali setan yang lebih rendah). Hewan itu tidak berakal, tidak mempunyai rasa malu, etika, dan lain-lain.

Saat ini kita bisa menjumpai bukti nyata bahwa segala yang disampaikan oleh Rasulullah saw sudah benar-benar ada. Banyak sekali tingkah laku manusia yang sudah jauh dari nilai kemanusiaan. Banyak dari mereka yang melakukan perbuatan yang tidak pantas dilakukan, kecuali oleh hewan.

Banyak sekali orang yang berbuat atau berperilaku seperti hewan dan dilakukan di tempat umum. Selain itu juga kita menjumpai orang-orang yang merendahkan dirinya, rela berbuat apapun untuk mendapatkan uang. Mereka tidak peduli lagi terhadap agama, tidak peduli terhadap norma, yang ada di pikiran dan hati mereka yang penting adalah uang dan harta sebanyak-banyaknya.

Semoga kita semua bukan termasuk ke dalam golongan yang disebut diatas, aamiin.

Loading...