Apakah Pengertian Satuan Baku dan Tidak Baku dan Berikan Contohnya

Satuan adalah pembanding yang digunakan dalam pengukuran besaran, yang ditentukan dengan konvensi atau aturan tertentu sebagai standar pengukuran besaran yang sama. Satuan dibagi menjadi 2 yaitu satuan baku dan tidak baku. Dalam satuan baku dibagi lagi menjadi satuan internasional dan non internasional.

Pengertian satuan baku ialah merupakan suatu pembanding yang memberikan hasil yang sama apabila dilakukan oleh beberapa orang. Sedangkan pengertian  satuan tidak baku ialah pembanding yang akan memberikan hasil berbeda apabila dilakukan oleh beberapa orang.

Satuan baku adalah satuan yang ditetapkan dan disepakati secara internasional dalam melakukan pengukuran, karena hasil pengukurannya selalu tetap untuk setiap orang. Satuan baku dapat digunakan untuk memeriksa ketepatan suatu instrumen.

Satuan tak baku adalah satuan yang sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk mengukur dan hasil pengukurannya tidak selalu tetap untuk semua orang. Misalnya, untuk mengukur panjang digunakan jengkal tangan, ataupun langkah kaki. Besar jengkal tangan ataupun langkah kaki setiap orang tentu tidak sama. Oleh karena itu, satuan tak baku tidak dapat digunakan untuk memeriksa ketepatan suatu instrumen.

Contoh satuan baku misalnya besaran panjang memiliki satuan meter. Meter tersebut telah ditentukan panjangnya berdasarkan suatu kesepakatan yang berlaku secara internasional.

4 contoh satuan baku:

  1. kilogram
  2. detik
  3. liter
  4. meter

5 contoh satuan tidak baku

  1. depa
  2. jengkal
  3. hasta
  4. bahu
  5. mayam
Loading...