Pengertian satelit dan fungsinya

Satelit adalah objek di ruang angkasa yang mengorbit sesuatu yang lain. Itu bisa alami, seperti bulan, atau buatan. Satelit buatan ditempatkan ke orbit dengan menempel pada roket, diluncurkan ke luar angkasa, kemudian terlepas ketika berada di lokasi yang benar. Menurut National Geographic, ada lebih dari 1.000 satelit yang mengorbit Bumi. Satelit buatan manusia juga digunakan untuk menjelajahi bagian lain dari tata surya kita termasuk Mars, Jupiter dan matahari.

Fungsi satelit untuk Cuaca

Satelit cuaca mengirimkan aliran data yang konstan, melaporkan kepada kita berbagai fakta dari seluruh dunia. Informasi yang dipancarkan termasuk suhu, curah hujan, kecepatan angin, dan pola awan. Ahli meteorologi menggunakan informasi ini untuk membantu mereka memprediksi cuaca, terutama dalam menemukan badai parah sebelum menjadi berbahaya. Ini memberi orang kesempatan untuk berlindung dari tornado dan mengevakuasi daerah di jalur topan.

Fungsi satelit untuk Komunikasi

Satelit komunikasi adalah satelit yang berfungsi sebagai relay untuk sinyal dari satu titik di tanah ke titik lainnya. Satelit-satelit ini biasanya geosinkron, yang berarti mereka ditempatkan ke orbit sedemikian rupa sehingga mereka selalu berada di tempat yang sama di bumi. Satelit komunikasi menangani sinyal telepon, komunikasi seluler, dan radio antar-kapal. Mereka juga menyampaikan sinyal televisi dan radio dari titik siaran ke stasiun di seluruh negeri.

Fungsi satelit untuk Eksplorasi

Fungsi penting lain dari satelit adalah untuk menjelajahi dan memetakan Bumi dan planet lainnya. Banyak satelit dilengkapi dengan kamera yang menangkap diam dan gambar video dari permukaan planet ini. Gambar inframerah, menunjukkan pola panas dan dingin, juga umum terjadi. Para ilmuwan menggunakan gambar satelit untuk melacak perubahan di tempat-tempat yang sulit dijangkau, seperti lapisan es kutub.

Satelit Hubble mengorbit bumi, tetapi kameranya menunjuk ke bintang-bintang. Diposisikan di ruang angkasa memungkinkan untuk mengirimkan gambar yang tidak terpengaruh oleh atmosfer Bumi. Gambar-gambar bintang dan nebula dipelajari oleh para astronom, tetapi mereka juga tersedia untuk umum melalui berbagai outlet, seperti Galeri Hubble di situs web Wired Science. Pada tahun 2009, Google Earth menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi permukaan Mars menggunakan peta dari sumber-sumber seperti Mars Reconnaissance Orbiter, sebuah proyek satelit NASA.

Loading...