Perbedaan antara jejunum dan Ileum

Jejunum dan ileum adalah dua bagian bawah dari usus kecil. Usus kecil adalah komponen dari saluran pencernaan hewan di mana penyerapan nutrisi terutama terjadi. Selain penyerapan, pencernaan mekanis, serta pencernaan kimia, berlangsung di usus kecil. Duodenum adalah bagian pertama dari usus kecil. Ia menerima makanan yang dicerna sebagian atau chyme dari perut. Ia juga menerima empedu dari kantong empedu dan enzim pencernaan dari pankreas. Campuran ini memasuki jejunum dan ileum. Jejunum adalah bagian tengah dari usus kecil sedangkan ileum adalah bagian akhir. Perbedaan utama antara jejunum dan ileum adalah jejunum menyerap karbohidrat dan protein yang dicerna sepenuhnya sedangkan ileum menyerap partikel yang tidak terserap dari jejunum.

Apakah yang disebut dengana jejunum?

Usus kosong atau jejunum (kadang-kadang sering ditulis yeyunum) adalah bagian kedua dari usus halus, di antara usus dua belas jari (duodenum) dan usus penyerapan (ileum). Pada manusia dewasa, panjang seluruh usus halus antara 2-8 meter, 1-2 meter adalah bagian usus kosong. Usus kosong dan usus penyerapan digantungkan dalam tubuh dengan mesenterium.

Permukaan dalam usus kosong berupa membran mukus dan terdapat jonjot usus (vili), yang memperluas permukaan dari usus. Secara histologis dapat dibedakan dengan usus dua belas jari, yakni berkurangnya kelenjar Brunner. Secara hitologis pula dapat dibedakan dengan usus penyerapan, yakni sedikitnya sel goblet dan plak Peyeri. Sedikit sulit untuk membedakan usus kosong dan usus penyerapan secara makroskopis.

Jejunum diturunkan dari kata sifat jejune yang berarti “lapar” dalam bahasa Inggris modern. Arti aslinya berasal dari bahasa Laton, jejunus, yang berarti “kosong”.

Apakah yang disebut dengan ileum?

Usus penyerapan (bahasa Inggris: ileum) adalah bagian terakhir dari usus halus. Pada sistem pencernaan manusia, ) ini memiliki panjang sekitar 2-4 m dan terletak setelah duodenum dan jejunum, dan dilanjutkan oleh usus buntu. Ileum memiliki pH antara 7 dan 8 (netral atau sedikit basa) dan berfungsi menyerap vitamin B12 dan garam-garam empedu.

Apakah perbedaan diantara jejunum dan ileum?

  • Jejunum membuat bagian tengah sementara ileum membuat bagian terakhir dari usus kecil.
  • Jejunum berada di perut bagian atas, di sebelah kiri garis tengah, sedangkan ileum berada di bagian bawah perut dan panggul.
  • Jejunum lebih lebar dari ileum.
  • Jejunum memiliki sedikit lemak di mesenterium daripada ileum.
  • Lumen jejunum lebih lebar daripada ileum.
  • Permukaan bagian dalam jejunum memiliki banyak lipatan transversa sementara ileum memiliki sangat sedikit. Karena itu, jejunum berdinding tebal sementara ileum berdinding tipis.
  • Jejunum memiliki vasa recta yang lebih lama sedangkan ileum memiliki vasa recta yang lebih pendek.
  • Jejunum memiliki sedikit lemak di dalam mesenterium daripada ileum. Oleh karena itu, visibilitas pembuluh-pembuluh jejunum lebih berarti untuk jendela peritoneal daripada ileum.
  • Tidak seperti jejunum, ileum memiliki lebih banyak petak Payers, kelenjar getah bening soliter dan agregat, dan sel-sel lain dari sistem kekebalan tubuh.
  • Ileum terutama menyerap vitamin B12, garam empedu, dan apa pun produk pencernaan yang sebelumnya tidak diserap oleh jejunum, sedangkan jejunum menyerap monosakarida dan asam amino.
  • Jejunum memiliki suplai darah yang lebih sederhana, sedangkan dinding ileum mengandung lebih banyak cabang arteri untuk menyediakan lebih banyak darah.
Loading...