Perbedaan antara maltosa dan isomaltosa

Perbedaan utama antara maltosa dan isomaltosa adalah maltosa memiliki dua unit glukosa yang bergabung satu sama lain melalui ikatan alpha 1-4 sedangkan isomaltosa memiliki dua unit glukosa yang bergabung satu sama lain melalui ikatan alfa 1-6.

Maltosa adalah disakarida. Ini berarti bahwa ia memiliki dua unit gula yang bergabung satu sama lain. Dalam kasus maltosa dan isomaltosa, unit gula adalah molekul glukosa. Oleh karena itu, kedua bentuk disakarida ini berbeda satu sama lain sesuai dengan ikatan kimia antara kedua unit glukosa. Namun, kedua bentuk gula ini mengurangi gula.

Pengertian Maltosa

Maltosa adalah disakarida yang memiliki dua unit glukosa bergabung satu sama lain melalui hubungan alpha 1-4. Selanjutnya, molekul ini terbentuk selama penguraian pati oleh beta-amilase; itu menghilangkan satu unit glukosa pada suatu waktu, membentuk molekul maltosa. Selain itu, ini adalah gula pereduksi, tidak seperti molekul disakarida lainnya. Ini terutama karena, struktur cincin dari salah satu dari dua molekul glukosa dapat terbuka untuk menyajikan kelompok aldehida bebas, tetapi unit glukosa lainnya tidak dapat terbuka seperti itu karena sifat ikatan glikosidik.

Glukosa adalah heksosa, artinya; ia memiliki enam atom karbon dalam sebuah cincin piranosa. Dalam hal ini, atom karbon pertama dari satu molekul glukosa terhubung ke atom karbon keempat dari molekul glukosa lainnya untuk membentuk ikatan 1-4 glikosidik. Enzim, maltase dapat memecah struktur maltosa melalui katalis hidrolisis ikatan glikosidik. Gula ini terjadi sebagai komponen malt dan juga hadir dalam jumlah yang sangat bervariasi dalam produk pati terhidrolisis sebagian. Mis: maltodekstrin, sirup jagung, dll.

Pengertian Isomaltosa

Isomaltosa adalah disakarida yang memiliki dua unit gula glukosa yang dihubungkan satu sama lain melalui ikatan alpha 1-6. Oleh karena itu, molekul ini berbeda dari molekul maltosa karena keterkaitan ini (karena maltosa memiliki keterkaitan alfa 1-4, bukan keterkaitan alfa 1-6). Lebih tepatnya, isomaltosa adalah isomer maltosa. Ini juga merupakan gula pereduksi.

Selain itu, molekul ini terbentuk ketika kita memperlakukan sirup maltosa tinggi dengan enzim transglukosidase (TG). Ini menghasilkan produk karamelisasi glukosa.

Apa Persamaan Antara Maltosa dan Isomaltosa?

  1. Maltosa dan Isomaltosa gula reduksi
  2. Juga, keduanya adalah disakarida.
  3. Selain itu, keduanya memiliki rasa manis.

Apa Perbedaan Antara Maltosa dan Isomaltosa?

Maltosa adalah disakarida yang memiliki dua unit glukosa yang bergabung satu sama lain melalui hubungan alfa 1-4 sedangkan Isomaltosa adalah disakarida yang memiliki dua unit gula glukosa yang saling terhubung melalui hubungan alfa 1-6. Oleh karena itu, ini adalah perbedaan utama antara maltosa dan isomaltosa.

Lebih lanjut, pada maltosa, karbon pertama dari satu unit glukosa mengikat dengan karbon keempat dari unit gula lainnya sementara karbon pertama dari salah satu unit glukosa mengikat dengan karbon keenam dari unit gula lain dalam isomaltosa. Oleh karena itu, struktur kimianya adalah perbedaan utama antara maltosa dan isomaltosa. Lebih penting lagi, isomaltosa adalah isomer maltosa.Perbedaan antara maltosa dan isomaltosa

Ringkasan – Maltosa dan Isomaltosa

Isomaltosa adalah isomer maltosa karena keduanya memiliki struktur kimia yang hampir sama dengan sedikit perbedaan dalam menghubungkan dua unit gula. Oleh karena itu, perbedaan utama antara maltosa dan isomaltosa adalah bahwa maltosa memiliki dua unit glukosa yang bergabung satu sama lain melalui ikatan alfa 1-4 sedangkan isomaltosa memiliki dua unit glukosa yang bergabung satu sama lain melalui ikatan alfa 1-6.

Loading...
Perbedaan antara maltosa dan isomaltosa

Perbedaan utama antara maltosa dan isomaltosa adalah maltosa memiliki dua unit glukosa yang bergabung satu sama lain melalui ikatan alpha 1-4 sedangkan iso

Editor's Rating:
5