Perbedaan Embrio dan Janin

Dalama kehidupan sehari-hari, terutama para ibu pasti sering mendengar istilah janin dan embrio. Tetapi terkadang mereka tidak bisa membedakan antaraa embio dengana janin. Berikut ini akan disajikan uraian mengenai pengertian embrio dan pengertian janin, serta perbedaan diantara keduanya.

Pengertian embrio

Embrio adalah sebuah eukariota diploid multisel dalam tahap paling awal dari perkembangan. Dalam organisme yang berkembang biak secara seksual, ketika satu sel sperma membuahi ovum, hasilnya adalah satu sel yang disebut zigot yang memiliki seluruh DNA dari kedua orang tuanya. Dalam tumbuhan, hewan, dan beberapa protista, zigot akan mulai membelah oleh mitosis untuk menghasilkan organisme multiseluler. Hasil dari proses ini disebut embrio.

Pada manusia, terbentuk embrio (mudigah) antara umur 3-5 minggu masa kehamilan dan sudah tampak rancangan bentuk alat-alat tubuh. Pada hewan, perkembangan zigot menjadi embrio terjadi melalui tahapan yang dikenal sebagai blastula, gastrula, dan organogenesis.

Pada tumbuhan, istilah embrio hanya dipakai untuk tumbuhan kecil yang terbentuk dalam biji yang berada dalam keadaan dormansi, menunggu kondisi lingkungan yang tepat untuk berkecambah.

Pengertian Janin

Janin (en:fetus, foetus, fœtus, faetus, fætus) adalah mamalia yang berkembang setelah fase embrio dan sebelum kelahiran. Dalam bahasa Latin, fetus secara harfiah dapat diartikan “berisi bibit muda, mengandung”. Pada manusia, janin berkembang pada akhir minggu kedelapan kehamilan, sewaktu struktur utama dan sistem organ terbentuk, hingga kelahiran. Janin disebut juga Calon Bayi.

Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin, adalah kira-kira 280 hari (40 minggu) dan tidak lebih dari 300 hari (43 minggu). Kehamilan dibagi menjadi tiga triwulan, triwulan I dimulai dari konsepsi sampai 12 minggu, triwulan II dari 12 sampai 28 minggu dan triwulan III dari 28 sampai 40 minggu. Kehamilan terhitung dari hari pertama haid terakhir.

Pada Minggu ke-12/ Bulan ke-3. Embrio menjadi janin. Denyut jantung terlihat pada USG. Mulai ada gerakan. Sudah ada pusat tulang, kuku, ginjal mulai memproduksi urin.

Bedanya embrio dengan janin

Embrio mengacu pada tahap pertama perkembangan bayi dari saat pembuahan. Embrio disebut janin dari minggu kedelapan konsepsi.

Ada perbedaan perkembangan antara dua tahap dan banyak perbedaan yang ibu menghadapi saat dia membawa mereka. Embrio adalah hal pertama yang Anda perhatikan ketika melakukan tes kehamilan. Ini adalah seukuran biji wijen pada saat Anda pergi untuk USG pertama Anda. Pada minggu kelima perkembangan, embrio akan menampilkan detak jantung pada USG awal.

Loading...