Perbedaan Neuron aferen dan eferen

“Aferen” dan “eferen” bukanlah jenis neuron yang berbeda, mereka adalah istilah untuk jalur yang menghubungkan neuron atau area otak dengan area otak lainnya. Aferen ke area otak tertentu adalah koneksi yang membawa sinyal ke dalamnya; efferents adalah koneksi yang membawa sinyal dari itu. Setiap neuron kecuali beberapa neuron sensorik primer memiliki aferen dan eferen.

Neuron aferen membawa sinyal sensorik dari tubuh ke otak, mereka dapat dianggap sebagai neuron “input” untuk otak. Neuron eferen di sisi lain, adalah “output” sistem otak dan membawa sinyal dari otak, seperti yang diarahkan ke otot-otot di tubuh.

Cara mudah mengingat ini adalah banyak kata dalam bahasa Inggris yang diawali dengan huruf ‘E’ menunjuk beberapa jenis gerakan luar, misalnya; keluar, kabur.

Katakanlah Anda berurusan dengan bagian tertentu dari otak X. Aferen (dari afflux) adalah akson yang membawa informasi ke X, sementara eferen (dari penghabisan) adalah akson yang membawa informasi dari X. Saraf tulang belakang: aferen sensorik membawa informasi dari tubuh ke sumsum tulang belakang. Motoneuron, baik alfa dan gamma, membentuk eferen, mengambil informasi dari sumsum tulang belakang ke otot.

Thalamus: aferen membawa informasi dari mata, sumsum tulang belakang, dan bagian lain dari CNS sementara eferen mengambil informasi ke area 17, 3, dan area kortikal lainnya. Cerebellum: Mossy Fiber dan Climbing Sistem serat membentuk sistem aferen dari serebelum. Eferen serebelum berasal dari inti serebelar dan proyek ke batang otak dan talamus.

Apa perbedaan antara Afferent dan Efferent Neuron?

  1. Fungsi neuron aferen adalah menerima dan mengirim pesan ke sistem saraf pusat dari seluruh bagian tubuh. Sementara di sisi lain fungsi neuron eferen adalah menerima dan mengirimkan informasi dari sistem saraf pusat ke seluruh bagian tubuh.
  2. Neuron aferen juga dikenal sebagai neuron sensorik sementara neuron eferen disebut sebagai neuron motorik.
  3. Neuron aferen dimulai dengan reseptor eferen berakhir dengan efektor.
  4. Neuron eferen memiliki dendrit pendek dan akson panjang sementara aferen memiliki dendrit panjang dan akson pendek.
  5. Sel-sel sel neuron aferen berada di sisi sel sementara eferen adalah ujungnya.
  6. Neuron aferen bertanggung jawab untuk menerima dan mengirimkan pesan ke sistem saraf pusat dari semua bagian tubuh. Sebaliknya, neuron eferen bertanggung jawab untuk menerima dan mengirimkan pesan dari sistem saraf pusat ke seluruh bagian tubuh.
  7. Neuron aferen membentuk saraf sensorik sementara neuron eferen membentuk saraf motorik.
  8. Neuron aferen memiliki satu dendrit panjang dan akson pendek sedangkan neuron eferen memiliki akson panjang tunggal dan beberapa dendrit.
  9. Tubuh sel dari neuron aferen sempurna bulat dan halus sedangkan neuron eferen berbentuk satelit.
  10. Umumnya, neuron aferen terletak di luar sistem saraf pusat sedangkan neuron eferen terletak di dalam sistem saraf pusat.
  11. Neuron eferen mendapatkan masukan dari neuron lain termasuk interneuron dan neuron aferen. Tidak seperti neuron eferen, neuron aferen diaktifkan oleh rangsangan eksternal seperti penglihatan, pendengaran, sentuhan, dll.
  12. Tidak seperti neuron aferen, neuron eferen terlibat dalam kontrol otot dalam tubuh.
Loading...