Perbedaan ventrikel kiri dan kanan

Ventrikel adalah ruang jantung yang mempunyai tanggung jawab untuk memompa darah meninggalkan jantung Sumber lain menjelaskan bahwa ventrikel adalah dua bilik besar yang tugasnya menerima darah dari atria (bilik yang lebih kecil dalam jantung) dan juga berkontraksi untuk memompa darah yang berada di dalam keluar jantung dan ke seluruh organ tubuh.

Pada mamalia (dalam kategori mamalia manusia termasuk mamalia) dan burung memiliki dua ventrikel besar yaitu, ventrikel kiri dan ventrikel kanan. Tugas dari ventrikel kanan adalah memompa darah terdeoksigenasi ke paru-paru melalui arteri paru, Sedangkan tugas dari ventrikel kiri adalah memompa oksigen darah ke tubuh melalui aorta.

Fungsi Ventrikel Sebagai Pompa

Selama fase sistolik ventrikel, sejumlah darah yang besar berkumpul dalam atrium karena katup A-V tertutup, oleh karena itu, segera sesudah sistolik selesai dan tekanan ventrikel turun lagi sampai ke nilai diastoliknya yang rendah, tekanan yang cukup tinggi di dalam atrium segera mendorong katup A-V agar terbuka sehingga darah dapat mengalir dengan cepat ke dalam ventrikel, seperti naiknya kurva volume pada volume ventrikel pada saat pemeriksaan biasanya, keadaan ini disebut sebagai periode pengisian cepat pada ventrikel.

Periode pengisian cepat berlangsung kira-kira pada sepertiga pertama dari diastolik. Selama sepertiga kedua dari diastolik, biasanya hanya ada sedikit darah yang mengalir ke dalam ventrikel, darah ini adalah darah yang terus mengalir masuk ke dalam atrium dari vena-vena dan dari atrium langsung mesuk ke ventrikel. Selama periode sepertiga akhir dari diastolik, atrium berkontraksi dengan memberikan dorongan tambahan terhadap aliran darah yang masuk ke dalam ventrikel, dan hal ini kira-kira 25% dari pengisian ventrikel pada setiap siklus jantung.

Jantung memiliki beberapa bagian di dalamnya. Ini akan termasuk atrium kiri dan kanan dan ventrikel kiri dan kanan. Kedua ventrikel kiri dan kanan memiliki perbedaan tertentu ketika datang ke fungsi mereka.

Ventrikel adalah dua bilik bawah jantung. Ventrikel ini dibagi menjadi dua bagian: ventrikel kiri dan ventrikel kanan. Ventrikel kiri dan ventrikel kanan memompa darah dari jantung ke arteri untuk memasok darah ke bagian tubuh yang berbeda. Meskipun kedua ventrikel kiri dan kanan memompa keluar darah dari jantung, sebenarnya ada perbedaan dalam tujuan darah ketika terpompa keluar dari jantung. Ventrikel kiri bertanggung jawab untuk memompa darah melalui sebagian besar pembuluh di sistem tubuh, terutama di organ berongga yang sangat vaskular. Ini termasuk organ-organ, seperti: hati, ginjal, dan perut. Sementara itu, di arteri pulmonalis darah mengalir dari ventrikel kanan.

Ada juga perbedaan antara usaha yang diberikan oleh ventrikel kiri dan kanan. Lebih jelas, ventrikel kiri membutuhkan dan memberikan lebih banyak tekanan daripada ventrikel kanan karena bertanggung jawab untuk mengantarkan darah ke sebagian besar tubuh yang membutuhkan darah beroksigen agar berfungsi. Ventrikel kanan, di sisi lain, hanya melakukan sedikit usaha karena hanya menghasilkan darah terdeoksigenasi. Selain itu, darah terdeoksigenasi tidak terlalu diperlukan untuk fungsi organ yang tepat. Itulah sebabnya jumlah yang kurang dari darah ini dipompa sehingga render ventrikel kanan dengan pengerahan lebih sedikit.

Ketika datang ke struktur, ada juga perbedaan besar, terutama, dalam lebar miokardium. Myocardium (tebal, lapisan tengah jantung yang berkontraksi sebagai organ beats) dari ventrikel kiri sebenarnya lebih tebal daripada ventrikel kanan saat orang tersebut mencapai usia remaja hingga dewasa. Alasannya adalah seperti yang disebutkan di atas; ventrikel kiri akan mengerahkan lebih banyak usaha daripada ventrikel kanan. Miokardium akan mencegah ventrikel kiri meledak karena memompa darah dengan cepat ke semua organ di dalam tubuh.

Ada perbedaan panjang ventrikel kiri dan kanan juga. Panjang ventrikel kanan cenderung jauh lebih pendek daripada ventrikel kiri. Ini karena jalur darah di ventrikel kiri harus lebih lama untuk mengatur jumlah darah yang dipompa keluar ke organ. Ventrikel-ventrikel ini juga berbeda dari darah yang mereka terima. Ventrikel kiri menerima darah beroksigen (kaya oksigen) dan memompanya ke sebagian besar sistem di dalam tubuh, sementara ventrikel kanan menerima darah deoksigenasi (oksigen-buruk) dari atrium kanan.

Bedanya ventrikel kiri dan kanan

  1. Ada perbedaan dalam tujuan darah yang dipompa oleh ventrikel kiri dan kanan.
  2. Ada perbedaan dalam usaha yang diberikan antara ventrikel kiri dan kanan.
  3. Ada perbedaan dalam struktur terutama dalam ketebalan dan panjang ventrikel kiri dan kanan.
  4. Ada perbedaan dalam darah yang dipompa oleh ventrikel kiri dan kanan.
Updated: 03/05/2024 — 11:04