Sebutkan Batas Wilayah Benua Afrika

Sebutkan Batas Wilayah Benua Afrika:

Benua Afrika terletak di sebelah barat benua Asia, dan dipisahkan dengan Terusan Suez, Laut Merah dan Samudera Hindia. Laut Mediterania Laut Tengah terletak di utara benua Afrika dan memisahkan Afrika dengan benua .Berdasarkan luasnya, benua Afrika menduduki urutan ketiga setelah Asia dan Amerika.  Berdasarkan garis bujur dan garis lintangnya atau secara astronomis wilayah benua Afrika terletak di antara 37 derajat LS – 35 derajat LU dan 18 derajat BB – 51 derajat BT.

Benua Afrika juga berada diantara Samudera Hindia dan juga Samudera Atlantik. Sedangkan batas batas wilayah benua Afrika yang diantaranya yaitu terdiri dari batas wilayah lautan dan juga daratan Sebelah Utara benua Afrika berbatasan dengan Laut tengah dan benua eropa. Sebelah Timur benua Afrika berbatasan dengan Laut Merah dan Samudera Hindia.

  • Batas-batas Benua Afrika adalah sebagai berikut :
  1. Sebelah utara berbatasan dengan Laut Tengah dan Benua Eropa.
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Basin Agulhans.
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Hindia.
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.

Sosial Budaya Benua Afrika

  • Benua afrika memiliki jumlah penduduk ±944 juta jiwa di pertengahan 2007 hingga di juluki benua terpadat setelah asia. Afrika bagian timur merupakan jumlah terpadat.
  • Penduduk dominan berkulit hitam dengan ras negroid yang terpecah menjadi sebuah suku. Adapun beberapa jiwa yang berasal dari bangsa lain seperti Arab, India, Melayu dan masyarakat Eropa.
  • Agama di benua afrika adalah islam dan kristen. Islam biasanya di anut oleh penduduk bagian afrika utara dan agama kristen di anut oleh penduduk afrika tengah dari mesir dan ethiopia.
  • Bahasa yang di gunakan adalah bahasa warisan penjajah yakni Perancis, Inggris, Spanyol, Portugal dan Italia.
Loading...