serat hewan dan manfaatnya

Serat hewan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Yang dimaksud dengan serat hewan adalah serat yang dihasilkan atau serat yang memanfaatkan sesuatu yang ada pada hewan tersebut, misalnya adalah bulu dan kulit yang ada pada hewan tersebut.Beberapa Bahan serat dari hewan misalnya adalah:

Bulu domba:

Bulu domba digunakan untuk bahan kain wool. Bulu ini berasal dari domba khusus yang tebal bulunya seperti domba Merino. Selepas musim dingin, bulu domba yang lebat yang sebelumnya digunakan untuk menahan dingin dapat dicukur. Bulu ini lalu ditenun menjadi benang dan kain wool. Negara penghasil wool utama dunia adalah Australia dan Selandia Baru.

Kulit sapi:

Kulit sapi dapat digunakan untuk bahan pakaian seperti untuk sepatu atau jaket. Selain itu juga bisa digunakan untuk kerajinan alat musih dan tas. Kulit asli bersifat lentur dan awet. Kulit sapi umumnya berasal dari hasil sampingan pemotongan sapi untuk daging.

Kulit buaya:

Kulit buaya dapat digunakan untuk tas, dompet dan sepatu. Sumber kulit buaya adalah penangkaran buaya yang membesarkan buaya untuk diambil kulitnya. Spesies buaya yang banyak digunakan di Indonesia adalah buaya muara. Sementara di Amerika jenis yang banyak digunakan adalah aligator.

Kepombong ulat sutera:

Ngengat dari spesies Bombyx mori memiliki ulat yang menghasilkan serat kepompong sutera saat akan bermetamorfosis menjadi ngengat dewasa. Serat ini digunakan sebagai bahan kain sutera sejak ribuan tahun lalu. Sutera pertama kali dibudidayakan di China. Kain sutera digunakan untuk bahan pakaian yang sangat mahal.

Bulu kambing Kashmir:

Bulu kambing yang berasal dari digunakan untuk selendang Cashmere. Bulu ini memiliki keunggulan sangat halus dibanding bulu lainnya.

Jaring laba-laba untuk bahan baju antu peluru

Jaring laba-laba dapat dibuat menjadi sutera. Keunggulan serat ini adalah kekuatan dan kelenturannya. Bahan ini cocok untuk rompi anti peluri namun sangat mahal karena kelangkaanya.

Bulu beruang untuk baju dan jaket musim dingin

Penduduk di negara yang beriklim sedang dan dingin menggunakan bulu hewan seperti beruang untuk membuat baju dan jaket untuk menahan udara pada musim dingin.

Bulu alpaca untuk bahan kain dari Amerika Selatan

Alpaca adalah hewan kerabat unta-unta yang hidup di negara Peru dan Bolivia di Amerika Selatan. Bulu hewan ini digunakan oleh suku asli Quechua dan Aymara untuk membuat selimut, dan baju hangat untuk menahan udara dingin di pegunungan Andes.

Buku berang-berang untuk topi dan baju hangat

Berang-berang memiliki bulu yang tebal seperti beruang yang cocok untuk baju hangat pada musim dingin. Bulu ini juga bisa diolah menjadi topi.

Rambut kuda untuk bahan kuas

Rambut kuda sering dibuat untuk kuas yang digunakan oleh pekukis. Namun kuas ini sekarang banyak menggunakan bahan imitasi. Selain itu rambut kuda juga secara tradisional digunakan untuk senar pada beberapa alat musik.

Loading...