Sintesis Protein Terjadi Di Mana

Bagaimana Proses Sintesis Protein Yang Terjadi Didalam Sel

Di mana sintesis protein terjadi? Sintesis protein adalah salah satu proses biologis yang paling penting dimana sel individu membangun protein spesifik untuk berfungsi. Sintesis protein terjadi pada retikulum endoplasma kasar, ribosom dan dalam nukleus. Perhatikan bahwa ER kasar mengandung ribosom..

Sintesis protein terjadi di ribosom, yang mana bisa berada melekat pada retikulum endoplasma kasar ataupun berada bebas pada sitoplasma. Setelah selesai disintesis, protein pertama kali mengalami modifikasi pada organel badan golgi..

Dimanakah Tempat Sintesis Protein

Di luar inti, ribosom adalah tempat sintesis protein ribosom dapat ditemukan di sitosol, bagian cairan seperti sitoplasma, atau melekat pada retikulum endoplasma kasar. Sebuah proses yang dikenal sebagai translasi, dimana transkrip RNA diterjemahkan ke protein fungsional, yang berlangsung di ribosom..

Bagaimana Proses Sintesis Protein

Sintesis protein ini terjadi di dalam ribosom dan pengaturan sintesis protein dilakukan oleh gen DNA di dalam inti. Gen, dalam hal ini DNA ketika menjalankan fungsinya, yaitu menyusun protein sangat dipengaruhi oleh susunan sel serta gen gen lain dalam lingkungannya..

Science In My World Sintesis Protein

Sintesis protein pada sel eukariota terjadi di dua tempat yaitu inti sel dan ribosom sitoplasma , sedangkan pada sel prokariota terjadi di sitoplasma karena sel prokariota tidak mempunyai inti sel sehingga material genetiknya DNA atau RNA maupun ribosomnya ada di sitoplasma..

Proses Translasi Pada Sintesis Protein

Translasi pada sintesis protein mengacu pada fase perakitan protein dalam sel di mana RNA diterjemahkan untuk menghasilkan rantai asam amino. Translasi adalah tahap kedua produksi protein, setelah transkripsi, pengkodean DNA menjadi petunjuk untuk perakitan protein .

Sintesis Protein

Tahapan sintesis protein pada sel eukariotik sama dengan sel prokariotik yaitu terdiri dari tahap transkripsi dan tahap translasi. Perbedaanya pada sel eukariotik, transkripsi terjadi di inti sel dan translasi terjadi di sitoplasma tepatnya di ribosom. Selain itu, dalam tahap transkripsi terdapat pemrosesan mRNA sebelum keluar ke sitoplasma..

Loading...