Sistem saraf perifer pada manusia (tepi)

Sistem saraf perifer adalah salah satu dari dua komponen sistem saraf, bagian lain adalah sistem saraf pusat . Sistem saraf perifer terdiri dari saraf dan ganglia di luar otak dan sumsum tulang belakang. Fungsi utama dari Sistem saraf perifer adalah untuk menghubungkan sistem saraf pusat ke anggota badan dan organ, pada dasarnya berfungsi sebagai relay antara otak dan sumsum tulang belakang dan seluruh tubuh. Berbeda dengan sistem saraf pusat, Sistem saraf perifer tidak dilindungi oleh tulang belakang dan tengkorak, atau oleh penghalang darah-otak, yang membiarkannya terkena racun dan cedera mekanis. Sistem saraf perifer dibagi menjadi sistem saraf somatik dan sistem saraf otonom.

Dalam sistem saraf somatik, saraf kranial adalah bagian dari Sistem saraf perifer dengan pengecualian saraf optik (saraf kranial II), bersama dengan retina. Saraf kranial kedua bukan saraf perifer yang sebenarnya tetapi saluran diencephalon. Ganglia saraf kranial berasal dari sistem saraf pusat. Namun, sepuluh akson saraf kranial tersisa melampaui otak dan karena itu dianggap sebagai bagian dari Sistem saraf perifer. Sistem saraf otonom adalah kontrol involunter terhadap otot polos dan kelenjar. Hubungan antara sistem saraf pusat dan organ memungkinkan sistem berada dalam dua kondisi fungsional yang berbeda: simpatik dan parasimpatik.

Sistem Saraf Periferal Manusia

Sistem saraf perifer adalah kumpulan saraf yang menghubungkan otak dan sumsum tulang belakang ke bagian lain dari tubuh dan lingkungan eksternal. Ini dibagi menjadi sistem somatik sensoris dan sistem saraf otonom.

Sistem somatik sensorik membawa impuls dari lingkungan eksternal dan indra. Ini terdiri dari 12 pasang saraf kranial dan 31 pasang saraf tulang belakang. Sistem somatik sensorik memungkinkan manusia untuk menyadari lingkungan luar dan bereaksi secara sukarela.

Sistem saraf otonom bekerja secara tidak sukarela. Ini terdiri dari dua kelompok neuron motorik dan satu set kelompok tubuh mirip simpul yang disebut ganglia. Neuron motorik meluas ke dan dari ganglia ke organ-organ tubuh. Satu subdivisi sistem saraf otonom adalah sistem saraf simpatetik. Impuls yang disebarkan dalam sistem ini mempersiapkan tubuh untuk keadaan darurat. Mereka menyebabkan denyut jantung meningkat, arteri menyempit, pupil membesar, dan perubahan lainnya terjadi. Subdivisi lainnya adalah sistem saraf parasimpatik. Impuls dalam sistem ini mengembalikan tubuh ke normal setelah keadaan darurat terjadi.

Loading...