Soal dan jawaban unsur halogen

Selamat berjumpa kembali kawan-kawan, berikut ini adalah contoh soal essay dan jawaban tentang unsur halogen. Semoga contoh soal essay dan jawaban tentang unsur halogen ini memberikan manfaat yang banyak.

Pengertian halogen adalah kelompok unsur kimia yang berada pada golongan 7 (VII atau VIIA pada sistem lama) di tabel periodik. Kelompok ini terdiri dari: fluor (F), klor (Cl), brom (Br), yodium (I), astatin (At), dan unsur ununseptium (Uus) yang belum ditemukan.

Halogen menandakan unsur-unsur yang menghasilkan garam jika bereaksi dengan logam. Istilah ini berasal dari istilah ilmiah bahasa Perancis dari abad ke-18 yang diadaptasi dari bahasa Yunani. Halogen juga merupakan golongan dengan keelektronegatifan tertinggi, jadi ia juga merupakan golongan paling non-logam.

Soal No. 1). Jelaskan faktor – faktor yang menyebabkan Halogen sangat reaktif !

Jawaban:

  1. Konfigurasi elektron valensi halogen adalah ns2 np5 . Hal ini menunjukan bahwa terdapat sebuah elektron yang belum berpasangan, hal ini menyebabkan unsur halogen sangat reaktif dan membentuk ion halida ( X).
  2. Energi ionisasi halogen tinggi. Energi ionisasi yang tinggi menyebabkan atom sukar melepaskan elektron membentuk ion positif, tetapi membentuk ion negatif ( halida ) yang menyebabkan halogen sangat reaktif.
  3. Afinitas elektron yang tinggi. Afinitas yang tinggi memudahkan halogen membentuk ion negatif. Kesimpulannya unsur halogen sangat reaktif karena unsur halogen mudah membentuk ion negatif yang memiliki elektron yang belum berpasangan.

Soal No. 2). Sebutkan sifat-sifat umum astatin!

Jawaban:

  • Berbentuk padat
  • Berupa molekul diatomic
  • At cenderung untuk melepas 1 elektron, sehingga senyawa yang terbentuk bila berikatan dengan Na adalah NaAt
  • Dalam golongan halogen Astatin memiliki jari-jari atom terbesar sehingga keelektronegatifannya adalah terkecil

Soal No. 3). Sebutkan sifat-sifat unsur halogen!

Jawaban:

  1. dapat membentuk senyawa logam
  2. dengan hidrogen dapat membentuk senyawa yang bersifat asam
  3. elektronegatifitas lebih besar kalau dibandingkan dengan golongan unsur lain
  4. membentuk molekul diatomic

Soal No. 4). Apa yang dimaksud dengan unsur halogen?

Jawaban:
Halogen adalah kelompok unsur kimia yang berada pada golongan 7 (VII atau VIIA pada sistem lama) di tabel periodik. Kelompok ini terdiri dari: fluor (F), klor (Cl), brom (Br), yodium (I), astatin (At), dan unsur ununseptium (Uus) yang belum ditemukan.

Halogen menandakan unsur-unsur yang menghasilkan garam jika bereaksi dengan logam. Istilah ini berasal dari istilah ilmiah bahasa Perancis dari abad ke-18 yang diadaptasi dari bahasa Yunani. Halogen juga merupakan golongan dengan keelektronegatifan tertinggi, jadi ia juga merupakan golongan paling non-logam.

Soal No. 5). Bagaimana kecenderungan perubahan sifat halogen dari F ke I dan jelas kan alasannya!

Jawaban:

a. Energi Ionisasi

Kecenderunagn energi ionisasi dari F ke I ( dari atas ke bawah ) semakin rendah. Hal ini karena jari – jari atom dari atas ke bawah semakin panjang sehingga energi ionisasi yang dibutuhkan semakin rendah pula.

b. Afinitas elektron

Afinitas elektron semakin kecil, karena dari atas ke bawah ( F ke I ) jari – jari atom semakin panjang dan semakin jauh dari inti atom. Sehingga atom semakin sulit menangkap elektron.

c. Titik didih dan titik leleh

Dari atas ke bawah titik didihnya semakin tinggi. Karena ukuran atom semakin besar sehingga semakin mudah terjadi dipol sesaat yang menyebabkan gaya van der walls semakin besar. Oleh karena itulah titik didih dan titik lelh halogen dari atas ke bawah semakin tinggi.

d. Daya oksidasi dan daya reduksi

Daya oksidasi semakin kecil karena semakin sulit mengalami reduksi akibat afinitas elektrin semakin kecil, daya reduksi semakin besar karena energi ionisasi semakin besar

Updated: 15/04/2024 — 15:05