Soal dan pembahasan metabolisme, katabolisme dan anabolisme

Mungkin dari kita semua sudah banyak yang mendengar metabolisme, katabolisme dan anabolisme. Tetapi mungkin juga tidak mengetahui artinya. Oleh karena itu, di bawah ini ada 5 buah soal dalam bentuk essay yang menjelaskan mengenai ketiganya. Okay, selamata menyimak.

1.Apa yang disebut dengan metaboalisme!

Jawaban: adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk yang terjadi di tingkat seluler.

2. Apa yang disebut dengan katabolisme!

Jawaban: Katabolisme adalah lintasan metabolisme yang merombak suatu substrat kompleks molekul organik menjadi komponen-komponen penyusunnya sambil melepaskan energi, pada umumnya berupa ATP. Pada lintasan katabolisme, molekul berukuran besar seperti polisakarida, lipid, asam nukleat dan protein akan terombak menjadi beberapa molekul yang lebih kecil seperti monosakarida, asam lemak, nukleotida, dan asam amino.

3. Apa yang disebut dengan anabolisme!

Jawaban:

Anabolisme adalah lintasan metabolisme yang menyusun beberapa senyawa organik sederhana menjadi senyawa kimia atau molekul kompleks. Proses ini membutuhkan energi dari luar. Energi yang digunakan dalam reaksi ini dapat berupa energi cahaya ataupun energi kimia. Energi tersebut, selanjutnya digunakan untuk mengikat senyawa-senyawa sederhana tersebut menjadi senyawa yang lebih kompleks. Jadi, dalam proses ini energi yang diperlukan tersebut tidak hilang, tetapi tersimpan dalam bentuk ikatan-ikatan kimia pada senyawa kompleks yang terbentuk.

Anabolisme meliputi tiga tahapan dasar. Pertama, produksi prekursor seperti asam amino, monosakarida, dan nukleotida. Kedua, adalah aktivasi senyawa-senyawa tersebut menjadi bentuk reaktif menggunakan energi dari ATP. Ketiga, penggabungan prekursor tersebut menjadi molekul kompleks, seperti protein, polisakarida, lemak, dan asam nukleat.

Anabolisme yang menggunakan energi cahaya dikenal dengan fotosintesis, sedangkan anabolisme yang menggunakan energi kimia dikenal dengan kemosintesis.

Hasil-hasil anabolisme berguna dalam fungsi yang esensial. Hasil-hasil tersebut misalnya glikogen dan protein sebagai bahan bakar dalam tubuh, asam nukleat untuk pengkopian informasi genetik. Protein, lipid, dan karbohidrat menyusun struktur tubuh makhluk hidup, baik intraselular maupun ekstraselular. Bila sintesis bahan-bahan ini lebih cepat dari perombakannya, maka organisme akan tumbuh

4. Sebutkan sifat yang dimiliki enzim!

Jawaban:

  • Sebagai biokatalisator artinya mempercepat raksi tapi tidak menentukan arah reaksi
  • Dapat bekerja bolak-balik
  • Merupakan protein yang sangat spesifik
  1. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim!

Jawaban:

  1. konsentrasi substrat,
  2. konsentrasi enzim,
  3. temperatur,
  4. prubahan pH.