10 contoh soal essay perlindungan dan penegakan hukum di indonesia

Di Indonesia perlindungan dan penegakan hukum sudah berjalan dengan baik sekali. Berikut ini ada 10 contoh soal essay perlindungan dan penegakan hukum di indonesia. Semoga bermanfaat.

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan doktrin?

Jawaban: Doktrin adalah suatu bentuk tindakan mengharuskan/memaksakan bahwa suatu kasus harus diyakini dan dibenarkan seperti apa yang disampaikan. Doktrin juga dapat diartikan sumber hukum yang berasal dari para ahli hukum.

2. Apa yang dimaksud dengan hukum dasar?

Jawaban: Dasar hukum adalah norma hukum atau ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang menjadi landasan atau dasarbagi setiap penyelenggaraan atau tindakan hukum oleh subyek hukum baik orang perorangan atau badan hukum.

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan konvensi?

Jawaban: Konvensi adalah hukum kebiasaan dalam konteks ketatanegaraan yang hidup di lembaga-lembaga kenegaraan atau eksekutif. Konvensi merupakan hukum tidak tertulis dalam ketatanegaraan sedangkan hukum tertulisnya adalah konstitusi/UUD 1945. Hukum tidak tertulis mengisi kekosongan hukum yg tidak diatur dalam hukum tertulis.

4. Apa yang dimaksud dengan konvensional?

Jawaban: Pengertian konvensional adalah segala sesuatu yang sifatnya mengikuti adat atau kebiasaan yang umum atau lazim digunakan. Definisi konvensional adalah suatu bentuk sifat untuk hal-hal yang normal, biasa, dan mengikuti cara yang diterima secara umum.

5. Apa dasar hukum di Indonesia?

Jawaban: Undang-Undang Dasar 1945 merupakan hukum dasar yang tertulis, kedudukan dan fungsi dari UUD 1945 merupakan pengikat bagi pemerintah, lembaga negara, lembaga masyarkat, warga negara Indonesia sebagai hukum dasar UUD 1945 memuat normat-norma atau aturan-aturan yang harus diataati dan dilaksanakan.

6. Identifikasi macam-macam hukum berdasarkan isi masalahnya!

a. hukum publik (pidana)

hukum yang mengatur hubungan antara warga dan negara yang menyangkut kepentingan umum. dalam hal ini mencakup

  • hukum tata negara. memelajari bentuk negara, bentuk pemerintahan, hak asasi warga negara dan alat alat perlengkapan negara
  • hukum administrasi negara. mengatur cara bekerja alat alat perlengkapan negara.
  • hukum pidana . mengatur pelanggaran dan kejahatan terhadap kepentingan umum yang diancam dengan sanksi pidana tertentu.
  • hukum acara. berisi tata cara menyelesaikan, melaksanakan, mempertahankan hukum material

hukum privat (perdata)

mengatur kepentingan orang perorangan, hukum privat dibagi:

  • hukum perorangan. himpunan peraturan yang mngatur manusia sebagai sebjek hukum yang memiliki hak serta bertindak sendiri dalam mencapai haknya tersebut.
  • hukum keluarga. memuat serangkaian peraturan yang timbul dari pergaulan hidup dan keluarga.
  • hukum kekayaan. mengatur hak dan kewajiban manusia yang dapat dinilai dengan uang.
    hukum waris. mengatur kedudukan hukum harta kekayaan setelah seseorang meninggal.

7. Berilah contoh hukum administrasi negara!

Jawaban: Hukum Administrasi Negara adalah hukum yang mengatur tentang seluk beluk administrasi negara dan hukum yang merupakan hasil ciptaan administrasi negara itu sendiri”.

Contoh Hukum Administrasi Negara

  • Pengaturan Reshuffle Kabinet oleh Presiden.
  • Pengaturan tentang pembentukan Badan/ Komisi2 pemerintahan
  • Tata cara pemberian layanan kepada masyarakat.

8. Analisislah yang dimaksud dengan yurisprudensi!

Jawaban: Yurisprudensi adalah keputusan hakim terdahulu terhadap suatu perkara yang tidak diatur oleh undang-undang dan dijadikan pedoman oleh hakim lainnya dalam memutuskan perkara yang sama. Yurisprudensi lahir karena adanya peraturan perundang-undangan yang kurang atau tidak jelas pengertiannya, sehingga menyulitkan hakim dalam memutuskan suatu perkara. Yurisprudensi palingterkenal, yang kerap dijadikan contoh adalah yurisprudensi mengenai pencurian arus listrik.

9. Pengertian Hukum Perlindungan Konsumen Menurut Para Ahli/Pakar Hukum yaitu :

Pengertian Hukum Perlindungan Konsumen Menurut Mochtar Kusumaatmaja.

Hukum perlindungan konsumen adalah keseluruhan asas-asas dan kaidah-kaidah hukum yang mengatur dan melindungi konsumen dalam hubungan dan masalahnya dengan para penyedia barang dan/atau jasa konsumen.

Pengertian Hukum Perlindungan Konsumen Menurut Az Nasution

 “Hukum perlindungan konsumen merupakan bagian dari hukum konsumen yang memuat asas-asas atau kaidah-kaidah bersifat mengatur dan juga mengandung sifat yang melindungi kepentingan konsumen.”

10. Pengertian Hukum Konsumen Menurut Para Pakar yaitu :

Pengertian Hukum Konsumen Menurut Az Nasution

Hukum konsumen diartikan sebagai keseluruhan asas-asas dan kaidah-kaidah hukum yang mengatur hubungan dan masalah antara berbagai pihak atau satu sama lain berkaitan dengan barang dan/atau jasa di dalam pergaulan hidup.

Pengertian Hukum Konsumen Menurut Elizabeth A. Martin

perlindungan (hukum) konsumen merupakan perlindungan yang diberikan,terutama secara hukum kepada konsumen (pihak yang melakukan akad dengan pihak lain dalam suatu bisnis untuk memperoleh barang dan jasa dari pihak yang mengadakannya).

Pengertian Hukum Konsumen Menurut Janus Sidabalok

Perlindungan (hukum) konsumen adalah perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen dalam usahanya memenuhi kebutuhannya dari hal-hal yang dapat merugikan konsumen itu sendiri.