Apa Perbedaan Antara Penyerbukan Dan Pembuahan Pada Tumbuhan

Apakah perbedaan antara penyerbukan dan pembuahan ? Perbedaan Penyerbukan dan Pembuahan Penyerbukan terjadi secara eksternal, sementara pembuahan terjadi di dalam bunga dan tidak tergantung pada faktor eksternal. Penyerbukan adalah proses dimana serbuk sari bergerak dari antera ke stigma pada putik bunga, sementara pembuahan adalah penggabungan gamet jantan dan sel telur wanita untuk . Penyerbuka atau Polinasi adalah ketika serbuk sari (polen) menempel pada kepala putik. SedangkanĀ  pembuahan atau Fertilisasi adalah ketika sel sperma (dari serbuk sari) bergabung/melebur menjadi satu dengan sel telur (pada inti putik).

Perbedaan antara Penyerbukan dan Pembuahan adalah Polinasi penyerbukan adalah proses melekatnya serbuk sari polen dari kepala satu bunga ke kepala putik bunga lainnya. Fertilisasi pembuahan adalah proses penyatuan atau peleburan inti sel telur ovum dengan inti sel spermatozoa membentuk makhluk hidup baru..Penyerbukan dan pembuahan adalah dua peristiwa besar dalam reproduksi seksual tanaman. Perbedaan utama antara penyerbukan dan pembuahan adalah dalam mekanisme masing masing dari dua proses. Selama penyerbukan, butiran serbuk sari, yang dilepaskan dari anther bunga, diendapkan pada stigma bunga yang sama atau berbeda pada spesies yang sama..

Penyerbukan dan pembuahan adalah dua peristiwa besar dalam reproduksi seksual tanaman. Perbedaan utama antara penyerbukan dan pembuahan adalah dalam mekanisme masing-masing dari dua proses. Selama penyerbukan, butiran serbuk sari, yang dilepaskan dari anther bunga, diendapkan pada stigma bunga yang sama atau berbeda pada spesies yang sama. Anthers dan filamen milik organ reproduksi jantan tanaman berbunga. Stigma, gaya, dan ovarium milik organ reproduksi betina pada tanaman berbunga.

Dua jenis penyerbukan diamati di antara tanaman: penyerbukan sendiri dan silang. Penyerbukan sendiri terjadi antara dua bunga yang identik secara genetik, sedangkan penyerbukan silang terjadi antara dua tanaman yang secara genetik bervariasi dalam spesies yang sama. Satu serbuk sari mengandung dua sel sperma. Setelah terjadinya penyerbukan, tabung serbuk sari terbentuk, menembus gayanya, hingga menemukan ovarium. Sel sperma, yang dilepaskan dari tabung serbuk sari membuahi sel telur serta sel pusat di kantung embrionik. Proses ini disebut pembuahan ganda.

Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik, sedangkan pembuahan adalah meleburnya sel telur dengan sel sperma. Bunga berfungsi utama menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang menjadi buah. Buah adalah struktur yang membawa biji.

Fungsi biologi bunga adalah sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Proses dimulai dengan penyerbukan, yang diikuti dengan pembuahan, dan berlanjut dengan pembentukan biji. Pembuahan Beberapa bunga memiliki warna yang cerah yang berfungsi sebagai pemikat hewan pembantu penyerbukan. Beberapa bunga yang lain menghasilkan panas atau aroma yang khas, juga untuk memikat hewan untuk membantu penyerbukan. Manusia sejak lama terpikat oleh bunga, khususnya yang berwarna-warni. Bunga menjadi salah satu penentu nilai suatu tumbuhan sebagai tanaman hias.