Apa perbedaan antara selulosa dan hemiselulosa?

Apa perbedaan antara selulosa dan hemiselulosa? Selulosa dan hemiselulosa adalah dua jenis polimer alami yang terutama ditemukan di dinding sel tanaman dan merupakan komponen penting dari bahan lignoselulosa alami. Namun, kedua komponen ini berbeda dalam komposisi kimia dan strukturnya. Perbedaan utama antara selulosa dan hemiselulosa adalah bahwa selulosa adalah molekul polisakarida organik sedangkan hemiselulosa adalah matriks polisakarida.

Apa itu Selulosa

Selulosa mengacu pada karbohidrat inert, yang merupakan unsur utama dari dinding sel tanaman. Ini adalah makromolekul paling berlimpah di bumi. Meskipun struktur kimia selulosa sebagian besar menyerupai glukosa, itu sangat kaku, memberikan kekuatan besar pada tanaman dan melindungi struktur internal sel tanaman. Selulosa adalah polimer linier yang dibuat oleh polimerisasi molekul beta-glukosa dalam rantai panjang. Setiap molekul glukosa terbalik dalam hubungannya dengan molekul glukosa tetangga.

Selulosa adalah massa ketiga tanaman. Rantai selulosa paralel yang selaras menghasilkan mikrofiber; microfibers ini terikat bersama oleh jembatan hidrogen. Jembatan hidrogen dibentuk oleh gugus hidroksil dari molekul glukosa. Sekitar 80 molekul selulosa terlibat dalam pembentukan microfiber. Hubungan silang lebih lanjut dari serat terjadi melalui hemiselulosa. Kedua jenis serat tersuspensi dalam matriks seperti gel yang terbuat dari pektin yang membentuk lamella tengah.

Karena selulosa adalah komponen utama dinding sel tanaman, selulosa melindungi membran plasma sel tanaman. Secara umum, selulosa hanya bisa dicerna oleh sistem pencernaan ruminansia. Ada beberapa jenis enzim yang mampu menghidrolisis selulosa.

Apa itu Hemiselulosa

Hemiselulosa mengacu pada konstituen dari dinding sel tanaman yang terdiri dari struktur sederhana dari selulosa. Ini menempati 20 – 30% dari berat kayu kering. Hemiselulosa terdiri dari tulang punggung yang terhubung dengan β- (1 → 4). Jenis monomer yang terlibat dalam polimerisasi hemiselulosa adalah xilosa, galaktosa, manosa, rhamnosa, dan arabinosa. Hemicellulose cross-link dengan selulosa atau lignin, memperkuat dinding sel. Biosintesis hemiselulosa terjadi pada aparatus Golgi di bawah pengaruh glikosiltransferase

Komposisi hemiselulosa pada kayu lunak dan kayu keras berbeda satu sama lain. Kayu lunak terutama mengandung mannose, galactose, dan lignin sedangkan kayu keras terutama terdiri dari xylan dan asetil.

Loading...