Strategi menyerang dalam permainan bola voli

Strategi menyerang dalam permainan bola voli. Dalam permainan bola voli ada beberapa teknik yang harus dikuasai, termasuk juga di dalamnya strategi menyerang adalah sebagai berikut:

a. Sistem 4 Sm-2 Su (4 Smasher-2 Set-uper)

Pada sistem ini terdiri dari empat penyerang utama dan dua pemain sebagai pengumpan. Pada sistem ini biasanya pemain pengumpan melakukan set dari tengah depan lapangan, tetapi ada juga kondisi tertentu yang mengharuskan pemain pengumpan melakukan set dari sebelah kanan lapangan.

b. Sistem 4 Sm-1 Su-1 U (4 Smasher-1 Set-uper-1 Universal)

Pada sistem ini menempatkan empat penyerang utama, satu pemain pengumpan, dan satu pemain serbaguna (pembantu penyerang dan pengumpan). Pada sistem ini diharapkan penyerangan lebih efektif dan cepat.

c. Sistem Penyerangan 5 Sm-1 Su (5 Smasher-1 Set-uper)

Pada sistem ini menempatkan lima penyerang utama dan satu pemain pengumpan.

Servis bola voli

Setiap poin dimulai dengan sebuah servis. Memiliki strategi servis dan servis bola voli yang kuat dapat sangat membantu tim Anda. Bagaimana bola mengenai bola, di mana bola itu mengenai, dan pemain mana yang Anda pukul itu semua harus dipertimbangkan.

Penting untuk berlatih servis Anda. Pilih gaya yang ingin Anda kuasai dan kemudian praktikkan dengan sempurna. Ini membantu untuk berlatih di latihan sepak bola atau di bawah tekanan juga.

Passing dan Pengaturan Bola Voli

Pass adalah pukulan pertama dalam urutan. Ini mungkin benjolan dengan lengan bawah atau pukulan dengan jari. Idenya adalah untuk mengendalikan bola. Dapatkan bola di udara ke setter dengan kontrol yang cukup sehingga setter dapat fokus untuk membuat set yang baik dan tidak khawatir tentang menggali atau sampai ke bola.

Bola Voli Menyerang

Tembakan terakhir dalam urutan adalah serangan. Tujuan dari serangan tembakan adalah untuk memukul bola yang menang yang mendarat ke pengadilan lawan. Biasanya ini adalah lonjakan atau tembakan keras di mana penyerang melompat dan memukul bola yang diset ke bawah ke sisi lawan. Langkah kaki dan langkah cepat sebelum melompat bisa menjadi kunci dalam memukul tembakan kemenangan.

Permainan Bola Voli

Namun, serangan itu tidak harus menjadi lonjakan. Tembakan efektif lainnya bisa berupa dink, dunks, dan dips di mana bola dipukul dengan cepat di atas atau di sekitar blocker dan masuk ke ruang terbuka di lapangan.

Blok pada bola voli

Memblokir adalah bagian penting dari strategi bola voli. Pemain mencoba untuk memblokir serangan lawan dan mengirim bola langsung kembali ke lapangan tim lain. Memutuskan kapan untuk memblokir dan kapan untuk mundur dan mencoba untuk lulus dan mengatur tembakan serangan adalah kunci strategi. Seringkali tim dan pemain akan memalsukan satu dan melakukan yang lain untuk mengusir penyerang.

Formasi

Perbedaan utama dalam formasi bola voli adalah dalam jumlah setter vs jumlah penyerang. Ada tiga formasi utama yang digunakan oleh sebagian besar tim. Mereka 4-2 6-2 dan 5-1. Pemula biasanya menggunakan 4-2 di mana ada 4 penyerang dan 2 setter. Sebagian besar tim yang maju akan menggunakan formasi 5-1 dengan setter tunggal dan 5 penyerang.

Strategi menyerang diartikan untuk mengharuskan regu lawan bertindak menuruti regu yang melaksanakan penyerangan. Oleh sebab itu, informasi suatu regu harus merata pembagian kekuatannya dalam posisi apa pun untuk melakukan serangan sehingga penempatan smasher, set-uper, dan pemain universal harus diperhitungkan dengan matang agar dicapai pemerataan kekuatan dalam penyerangan.

Jenis-jenis pemain sesuai dengan tugas dan fungsinya

a. Smasher (Sm), bertugas sebagai penyerang utama.
b. Set-uper (Su), bertugas sebagai pengumpan ke smasher.
c. Universal (U), bertugas dan berfungsi  serbaguna, membantu penyerang utama dan pengumpan.

Loading...