Contoh energi kimia dalam kehidupan sehari-hari

Energi kimia merupakan energi yang keluar sebagai hasil interaksi elektron di mana dua atau lebih atom/molekul berkombinasi sehingga menghasilkan senyawa kimia yang stabil. Energi kimia hanya dapat terjadi dalam bentuk energi tersimpan. Bila energi dilepas dalam suatu reaksi maka reaksinya disebut reaksi eksotermis yang dinyatakan dalam kJ atau kKal. Bila dalam reaksi kimia energinya terserap maka disebut dengan reaksi endodermis.

Energi kimia disimpan dalam ikatan kimia atom dan molekul. Itu hanya bisa dilihat ketika dilepaskan dalam reaksi kimia. Ketika energi kimia dilepaskan, zat dari mana energi itu datang sering berubah menjadi zat yang sama sekali berbeda.

Banyak zat dan benda menyimpan dan melepaskan energi kimia:

Baterai

Anda dapat menghubungkan baterai ke sirkuit dan reaksi antara bahan kimia terjadi di dalam baterai dan menghasilkan listrik. Anda tidak dapat melihat energi di baterai saat baterai hanya duduk; ketika listrik dihasilkan, energi itu terlihat.

Minyak

Kombinasi minyak dan gas alam, minyak bumi terbuat dari ratusan molekul yang mengandung karbon dan hidrogen.

Kayu

Kayu kering menyimpan energi kimia. Energi kimia ini dilepaskan ketika kayu terbakar, dan diubah menjadi panas, yang juga disebut energi panas, dan energi cahaya. Sebagai hasil dari pembakaran, kayu berubah menjadi zat yang sepenuhnya baru – abu.

Bahan Peledak

Ketika ledakan meledak, energi kimia yang disimpan dalam peledak diubah dan ditransfer ke energi suara, energi kinetik, dan energi panas. Ini dapat diamati dalam suara, gerakan, dan panas yang diciptakan.

Makanan

Energi kimia dalam makanan dilepaskan saat makanan sedang dicerna dan molekul makanan dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Ketika ikatan antara atom-atom makanan pecah atau mengendur, zat-zat baru tercipta sebagai hasil dari reaksi kimia yang terjadi.

Pemutih dan amonia

Ketika dua zat ini dicampur, zat yang sama sekali baru – bahan kimia beracun yang disebut uap kloramin – diproduksi.

Paket pemanasan

Paket-paket berguna yang digunakan untuk menghangatkan tangan dingin atau otot-otot yang sakit memiliki bahan kimia di dalamnya.

Ketika Anda memecahkan paket untuk menggunakannya, bahan kimia diaktifkan. Campuran bahan kimia ini, dan energi kimia yang dilepas menciptakan panas yang menghangatkan kemasan.

Kantung udara kendaraan

Kantung diaktifkan oleh reaksi kimia di dalam kantung.Sebuah sensor menyalakan sirkuit listrik, dan kemudian natrium azida dinyalakan. Reaksi yang terjadi menghasilkan gas nitrogen, yang mengisi kantong dengan laju yang sangat cepat.

Baking soda and vinegar

Ketika dua zat ini tercampur dalam sebuah wadah, gas karbon dioksida dihasilkan. Ketika gas ini tumbuh dalam volume, ia memberi tekanan pada wadah apa pun yang ada di dalamnya, dan akan meletus dari pembukaan di wadah, menciptakan efek gunung berapi.

 

Updated: 04/05/2024 — 07:04