Jelaskan struktur anatomi jantung manusia secara ringkas

Apa yang disebut dengan jantung?

Jantung merupakan salah satu organ vital manusia, karena jantung Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, terletak di rongga dada agak sebelah kiri.

Anatomi Jantung

Jantung terletak di dada bagian tengah, tepatnya di bawah tulang rusuk. Jantung diapit oleh paru-paru kiri dan kanan. Anatomi jantung dan ukurannya berbeda-beda pada setiap orang. Ada empat ruang utama jantung yang masing-masing dipenuhi darah dengan kandungan oksigen yang berbeda. Dua ruang di atas dan dua lagi di bawah.

Dua ruang atas jantung disebut dengan atrium atau serambi. Ruang ini dipenuhi darah yang kembali ke jantung. Atrium sebelah kiri menerima darah dari paru-paru sedangkan atrium sebelah kanan menerima darah dari seluruh tubuh selain paru-paru. Kemudian dua ruang di bagian bawah jantung disebut ventrikel atau bilik. Ventrikel kiri akan memompa darah ke seluruh tubuh dan ventrikel kanan ke paru-paru.

Jantung memiliki pemisah berupa otot dengan dinding yang tebal, disebut dengan septum yang letaknya tepat di tengah jantung. Pada permukaan jantung, terdapat arteri koroner yang menyediakan darah yang kaya kandungan oksigen untuk otot jantung. Di sekitar jantung juga terdapat jaringan saraf sebagai pengatur sinyal kompleks untuk kontraksi dan relaksasi jantung. Sementara itu, kantong yang mengelilingi jantung disebut perikardium.

Cara Kerja Jantung

Cara kerja jantung dimulai dengan atrium kanan dimana pasokan darah diterima dari pembuluh darah yang kemudian dialirkan ke ventrikel kanan. Pasokan darah dari ventrikel kanan diteruskan ke paru-paru untuk penukaran karbon dioksida dengan oksigen. Kemudian darah yang sudah dipenuhi oksigen terus bergerak menuju atrium dan ventrikel kiri yang selanjutnya dialirkan ke seluruh tubuh.

Agar darah mengalir dengan tepat, jantung memiliki katup. Katup yang membantu aliran darah dari atrium ke ventrikel adalah katup mitral dan trikuspid. Sedangkan, katup yang berfungsi mengendalikan aliran darah yang meninggalkan jantung disebut katup aorta dan katup pulmonari. Keempat katup tersebut menjaga darah terus bergerak maju satu arah. Katup akan menutup dengan cepat agar darah tidak bergerak mundur.

Pada saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut ‘diastol’). Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut ‘sistol’). Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.

Darah yang kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena berbesar (vena kava) menuju ke dalam atrium kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, ia akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis. Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui [katup pulmoner] ke dalam [arteri pulmonalis] menuju ke [paru-paru].

Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (pembuluh kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen, melepaskan karbondioksida dan selanjutnya dialirkan kembali ke jantung. Darah yang kaya akan oksigen mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke atrium sinistra.

Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner karena darah dialirkan ke paru-paru. Darah dalam atrium sinistra akan didorong menuju ventrikel sinistra melalui katup bikuspidalis/mitral, yang selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati [katup aorta] masuk ke dalam [aorta] (arteri terbesar dalam tubuh). Darah kaya oksigen ini disirkulasikan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. dan sebagainya.

Loading...