Kelenjar Paratiroid (pengertian, gangguan, fungsi, dan hormon yang dihasilkannya)

Kelenjar paratiroid adalah sebuah kelenjar endokrin di leher yang memproduksi hormon paratiroid. Manusia biasanya mempunyai empat kelenjar paratiroid, yang biasanya terdapat di bagian belakang daripada kelenjar tiroid atau kelenjar yang dekat dengan kelenjar tiroid sehingga disebebut dengan “paratiroid”, atau, di kasus yang langka, di dalam kelenjar tiroid itu sendiri atau di dada.

Hormon paratiroid mengontrol jumlah kalsium di darah dan di dalam tulang. Hormon Paratiroid bisa menurun sangat rendah pada pasien post operasi pengangkatan kelenjar tiroid karena ikut terangkatnya kelenjar paratiroid yang akibatnya adalah penurunan kadar kalsium dalam darah hipokalsemia.

Hormon Paratiroid mengakibatkan : peningkatan resorpsi kalsium dari tulang, peningkatan reabsorbsi kalsium di ginjal, peningkatan absorbsi kalsium di Saluran cerna oleh Vitamin D. Namun, Peningkatan kadar hormon paratiroid juga mengakibatkan penurunan kadar fosfat dalam darah, karena hormon ini meningkatkan sekresi fosfat dalam darah.

Di setiap sisi kelenjar tiroid terdapat dua kelenjar kecil, yaitu kelenjar paratiroid, di dalam leher. Sekresi paratiroid, yaitu hormon paratiroid, mengatur metabolisma zat kapur dan mengendalikan jumlah zat kapur di dalam darah dan tulang.

 

Hipoparatiroidisma, pada mana terjadi kekurangan kalsium di dalam isi darah, atau hipokalsemia, mengakibatkan keadaan yang disebut tetani, dengan gejala khas kejang dan konvulsi, khususnya pada tangan dan kaki yang disebut karpopedal spasmus; simptom-simptom ini dapat cepat diringankan dengan pemberian kalsium.

Hiperparatiroidisma atau over aktivitas kelenjar, biasanya ada sangkut pautnya dengan pembesaran (tumor) kelenjar. Keseimbangan distribusi kalsium terganggu, kalsium dikeluarkan kembali dari tulang dan dimasukkan kembali ke dalam serum darah, dengan akibat terjadinya penyakit tulang dengan tanda-tanda khas bahwa beberapa bagian keropos, yang dikenal sebagai osteitis fibrosa sistika, karena terbentuk kista pada tulang. Kalsiumnya diendapkan di dalam ginjal dan dapat menyebabkan batu ginjal dan kegagalan ginjal.

Fungsi Kelenjar paratiroid

Kelenjar paratiroid mengeluarkan hormon paratiroid. Sementara istilah “hormon paratiroid” dan “hormon tiroid” mungkin tampak serupa. Fungsi dari kelenjar paratiroid adalah mengatur jumlah kalsium dalam tubuh. Kelenjar memproduksi dan mensekresi hormon paratiroid.

Kalsium tidak hanya komponen utama dari tulang, tetapi juga sangat diperlukan untuk pembekuan darah dan untuk kontraksi setiap otot dalam tubuh, termasuk jantung. Ini juga merupakan mineral penting untuk berfungsinya sel-sel otak.

Kalsium disimpan dalam tulang. Kalsium dikeluarkan dari tulang ke dalam darah, serta penyerapan pada ginjal atau usus, diatur oleh hormon paratiroid bersama dengan vitamin D. Dengan demikian, hormon paratiroid dan vitamin D memiliki fungsi meningkatkan kadar kalsium dalam darah.

Kelenjar Timus

Kelenjar timus terletak di dalam torax, kira-kira pada ketinggian bifurkasi trakhea. Warnanya kemerah-merahan dan terdiri atas dua lobus. Pada bayi yang baru lahir sangat kecil dan beratnya kira-kira 10 gram atau lebih sedikit; ukurannya bertambah dan pada masa remaja beratnya dari 30 sampai 40 gram dan kemudian mengerut lagi.

Loading...