Keutamaan doa yang dijelaskan di dalam Al Quran

Ada banyak ayat Al Quran dan hadis Nabi saw yang menuturkan tentang keutamaan doa. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Allah swt memuji para Nabi-Nya dalam surat al Anbiya ayat 90, “Sesungguhnya mereka adalah orang yang selalu bersegera mengerjakan perbuatan baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang yang khusyu’ kepada Kami.” Dalam ayat ini Allah menyebutkan bahwa salah satu keistimewaan para Nabi adalah mereka terbiasa berdoa kepada Allah dengan penuh rasa takut, berharap dan khusyu’. Itulah salah satu sebab yang menjadikan mereka memiliki tempat atau posisi yang mulia di sisi Allah swt., serta mendapatkan pertolongan, perlindungan, dan kekuatan untuk mengalahkan musuh mereka. Dengan kata lain, Allah memuliakan orang yang berdoa kepada-Nya dan Dia menempatkan doa sebagai ibadah yang mulia.

Doa merupakan sunnah atau tradisi yang selalu dilakukan oleh para Nabi dan para Rasul, kebiasaan orang shaleh, dan kewajiban yang selalu dijalankan oleh mukmin yang rendah hati. Allah swt berfirman dalam surat al Isra ayat 57, orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya; Sesungguhnya azab Tuhanmu adalah suatu yang (harus) ditakuti.” Dan Allah berfirman memuji orang yang beriman kepada-Nya dalam surat al Sajdah ayat 15-17, “Sesungguhnya orang yang benar benar percaya kepada ayat ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat ayat itu mereka segera bersujud[1192] seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya[1193] dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan. Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai Balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.”

Loading...