Macam-macam otot

Otot di dalam tubuh manusia ada 3 macam, yaitu otot rangka, otot polos dan otot jantung. Berikut ini akan dijelaskan mengnai macam-macam otot yang ada pada manusia.

Otot rangka

Ketika Anda memikirkan otot, kebanyakan orang umumnya memikirkan otot rangka. Bisep, trisep, dan paha depan adalah nama umum untuk otot yang cenderung menjadi fokus para pembangun tubuh. Faktanya, otot-otot umum ini sering terdiri dari banyak otot kecil yang menempel pada tempat yang berbeda untuk memberikan persendian gerak penuh.

Otot rangka adalah otot lurik. Ini berarti bahwa setiap serat otot memiliki striasi, atau tanda linier, yang dapat dilihat ketika otot ini diletakkan di bawah mikroskop. Lurik sesuai dengan sarkomer hadir dalam otot lurik, yang merupakan kumpulan sel-sel otot yang sangat terorganisir yang dapat berkontraksi dengan cepat dalam konser.

Otot rangka dikendalikan melalui sistem saraf somatik, juga dikenal sebagai sistem saraf sukarela. Arahkan jari Anda ke langit-langit. Ini adalah sistem saraf somatik Anda dalam aksi, mengendalikan otot rangka Anda.

Fungsi otot rangka

  1. Otot rangka membantu seseorang mempertahankan postur tubuh
  2. Kontraksi otot rangka membantu dalam menarik tendon pada tulang yang menyebabkan geraka
  3. Organ dan jaringan viskeral internal lainnya serta organ yang sangat halus tersebut didukung oleh otot rangka
  4. Berbagai pembukaan tubuh, seperti mulut, anus, saluran kemih, dll dilindungi oleh otot sfingter
  5. Otot rangka membantu dalam mempertahankan suhu tubuh karena kontraksi mereka bulu energi menjadi panas

Otot Jantung

Otot jantung, meski mirip dengan otot rangka dalam beberapa hal, terhubung ke sistem saraf otonom. Sistem ini mengontrol organ-organ vital seperti jantung dan paru-paru dan memungkinkan kita untuk tidak harus fokus memompa jantung kita setiap kali perlu berdetak. Sementara ada sejumlah kontrol nurani yang kita miliki atas sistem saraf otonom, itu akan selalu masuk ketika kita tidak sadar.

Misalnya, Anda dapat menahan nafas jika suka tetapi Anda tidak harus ingat untuk bernapas sepanjang waktu. Otot jantung mengelilingi bilik jantung dan digunakan untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Otot jantung mirip dengan otot rangka karena lurik. Tidak seperti otot rangka, serat otot jantung disusun dalam pola percabangan alih-alih pola linier. Kedua otot rangka dan otot jantung perlu berkontraksi dengan cepat dan sering, itulah sebabnya lurik dapat terlihat.

Fungsi otot jantung

  • Membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida)
  • Sel-sel pada otot jantung membantu dalam kontraksi sel lainnya
  • Otot jantung menyediakan cara pemompaan ventrikel pada jantung
  • Otot jantung berfungsi meremas darah sehingga darah dapat keluar dari jantung saat berkontraksi dan mengambil darah pada relaksasi
  • Menunjang kerja dari organ jantung
  • ┬áMembantu memompa darah keseluruh tubuh

Otot polos

Tidak seperti otot rangka dan jantung, otot polos tidak lurik. Ini karena sel-sel otot individu tidak sepenuhnya selaras menjadi sarkomer. Sebaliknya, mereka dipindahkan ke seluruh serat. Ini memberi otot polos kemampuan untuk berkontraksi lebih lama, walaupun kontraksi terjadi lebih lambat. Pertimbangkan otot yang berkontraksi sfingter pada kandung kemih Anda. Otot ini mungkin perlu tetap tertutup rapat selama berjam-jam pada satu waktu dan hanya mendapat satu menit lega ketika Anda pergi ke kamar mandi. Banyak otot polos lainnya beroperasi dengan cara yang sama.

otot polos

Seperti halnya otot jantung, otot polos sebagian besar dikendalikan oleh sistem saraf otonom. Banyak otot yang melapisi saluran pencernaan Anda bekerja bersama untuk memindahkan makanan melalui sistem pencernaan. Otot menempel pada folikel rambut yang membuat rambut Anda berdiri ketika dingin. Otot polos hampir di mana-mana di tubuh Anda dan membantu segala hal mulai dari sirkulasi hingga pencernaan.

Fungsi otot polos

  1. Otot polos yang berada di dalam rahim akan membantu proses kelahiran bayi dengan mendorong keluarnya bayi dari rahim
  2. Otot polos yang berada di kandung kemih akan membantu keluarnya urin dari tubuh
  3. Dalam pembuluh darah, otot polos akan membantu menentukan aliran darah di dalam arteri
  4. Di dalam saluran pencernaan, otot polos membantu proses perpindahan makanan
  5. Di bagian bagian mata manusia, otot polos membantu proses menyusutnya pupil saat proses penglihatan terjadi
  6. Dalam pembuluh darah arteri, otot polos membantu mempertahankan diameter pembuluh arteri
  7. Pada paru-paru, otot polos membantu mengatur aliran udara dan membantu memperluas dan kontak yang diperlukan oleh paru-paru. (baca : fungsi paru-paru)
  8. Saat ejakulasi, otot polos akan mencegah pria untuk buang air kecil dengan cara mengkonstriksi otot sfingter
  9. Pada testis, otot polos akan membantu proses pengaturan suhu dengan berkontraksi atau memperluas
  10. Pada arteri dan vena, otot polos membantu mengatur tekanan darah