Pengelompokan hewan Mamalia

Mamalia adalah kelas hewan vertebrata yang terutama dicirikan oleh adanya kelenjar susu, yang pada betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya; adanya rambut; dan tubuh yang endoterm atau “berdarah panas”. Otak mengatur sistem peredaran darah, termasuk jantung yang memiliki empat ruang.

Mamalia terdiri lebih dari 5.000 genus, yang tersebar dalam 425 keluarga dan hingga 46 ordo, meskipun hal ini tergantung klasifikasi ilmiah yang dipakai. Secara filogenetik, yang disebut Mamalia adalah semua turunan dari nenek moyang monotremata (seperti echidna) dan mamalia theria (berplasenta dan berkantung atau marsupial).

Mamalia dikelompokkan  ke dalam 3 jenis, yaitu: monotremata, marsupialia, dan eutheria (placentalia). Uraian lengkapnya akan disajikan berikut ini.

Monotremata

Monothrema merupakan binatang langka. Dahulu, monotrema ada di wilayah Australia dan New Guinea. Monotrema adalah bagian dari mamalia. Monotrema merupakan mamalia primitive. Yakni, kebanyakan monotrema bertelur, mirip reptile atau burung.

Marsupialia

Marsupialia adalah mamalia yang betinanya memiliki kantung atau marsupilum. Denagn kantung itu, betina memelihara anak sejak bayi. Ciri reproduksi marsupialia berbeda dengan placentalia. Marsupialia betina memiliki dua vagina. Dua vagiana itu tersambung ke dua bagian pada satu uterus. Marsupialia jantan juga memiliki dua penis.Marsupialia memiliki kloaka.

Kloaka adalah lubang pengeluaran, baik pada jantan maupun betina. Sisa pencernaan ditampung di kloaka sebelum dikeluarkan dari tubuh.

Ada 334 spesies marsupialia di dunia. Dan 200 diantaranya ada di Australia dan pulau sekitarnya. Sebagaian lagi ada di Amerika Utara dan amerika selatan. Contoh marsupialia adalah kanguru dan koala. Kebanyakan marsupialia adalah makhluk yang berjalan lamban. Marsupialia yang dapat berlari cepat adalah kanguru.

Eutheria

Eutheria berarti “ASI asi atau susu yang sebenarnya.” Kebanyakan mamalia adalah jenis eutheria. Eutheria sering pula disebut placentalia.

Placentalia adalah mamlia yang memiliki plasenta. Plasenta adalah tali pusar bayi ketika dikandungan ibu atau betina. Perbedaan eutheria dari mamalia lain adalah janin (fetus) dipelihara melaui plasenta. Reproduksi eutheria dilakukan melalui hubunagn seks.

Anak atau janin dipelihara dikandunagn ibunya hingga pertumbuhan anak itu benar-benar sempurna. Embrio dipelihara didalam tubuh betina, bukan melalui proses bertelur.Betina melahirkan anak yang sudah hidup. Contoh eutheria adalah monyet, kera, kelinci, dan singa.

Loading...