10 Perbedaan antara invertebrata dan vertebrata

Dalam kingdom animalia, hewan telah diklasifikasikan menjadi dua kategori utama invertebrata dan vertebrata. Diferensiasi ini terutama didasarkan pada keberadaan dan ketiadaan tulang punggung atau kolom tulang belakang. Terlepas dari ini, ada banyak perbedaan antara dua kategori binatang ini.

Pengertian Invertebrata

Avertebrata atau invertebrata dapat dengan mudah diidentifikasi sebagai hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Mereka biasanya ditemukan di gurun, air, badan air, gua, gunung. Invertebrata adalah hewan yang terutama tidak memiliki sistem kerangka dan organ yang berkembang lainnya karena mereka tidak memiliki struktur tubuh yang kaku. Mereka terdiri dari sistem peredaran darah terbuka dan sistem pernapasan sederhana.

Mereka memegang lebih dari 97 persen di kerajaan hewan dengan banyak spesies binatang. Ada lebih dari 2 juta Invertebrata yang ada di planet bumi. Misalnya, annelida, artropoda, bivalvia, coelenterata, echinodermata, cumi-cumi, sponge, siput, dan gurita semua termasuk invertebrata. Ada beberapa klasifikasi dalam invertebrata yang memiliki kerangka eksternal untuk serangga dan moluska. Kurangnya sistem yang mendukung, banyak invertebrata memiliki ukuran yang lebih kecil.

Pengertian Vertebrata

Vertebrata adalah spesies paling canggih dari kingdom hewan. Mereka adalah hewan dengan sistem kerangka internal yang terdefinisi dengan baik, memiliki tulang punggung yang unik. Mereka terdiri dari banyak tulang. Sumsum tulang belakang membentang di sepanjang tubuh antara daerah kaudal dan tengkorak yang menghubungkan ke jaringan saraf. Vertebrata memiliki organ lain seperti sistem pernapasan, organ indera, sistem pencernaan yang sistematis, berkembang dengan baik dan sistem saraf yang canggih juga.

Perbedaan antara invertebrata dan vertebrata

Perbedaan antara invertebrata dan vertebrata

Rata-rata, jumlah vertebrata yang ada di planet bumi adalah sekitar 57.000 hingga 58.000. Contoh vertebrata termasuk anggota Chordata, mamalia, burung, ikan, reptil, dan amfibi. Karakteristik utama vertebrata memiliki tubuh bilateral simetris dan otak yang ditutupi oleh tengkorak.

Tabel perbandingan antara invertebrata dan vertebrata

Pembeda Invertebrata Vertebrata
Tulang belakang Invertebrata tidak memiliki tulang punggung. Vertebrata memiliki tulang punggung dan kerangka internal.
Organ Tidak ada dinding sel, dan multiseluler. Otak yang berkembang dengan baik, kerangka internal, dan sistem saraf canggih.
Gerakan Hewan kecil dan lebih lambat bergerak. Hewan besar dan lebih cepat bergerak.
Sistem peredaran darah Memiliki sistem sirkulasi terbuka. Memiliki sistem sirkulasi tertutup.
Mata Memiliki mata majemuk. Tidak memiliki mata majemuk.
Simetri tubuh Termasuk simetri tubuh radial atau bilateral. Hanya mencakup simetri tubuh bilateral.
Sistem saraf Memiliki sistem saraf yang sederhana dan tidak terorganisir. Memiliki organ yang rumit dan sangat spesifik dengan fungsi tertentu.
Kulit Terdiri dari hanya satu lapisan kulit. Terdiri dari dua lapisan kulit, dermis, dan epidermis.
Cara makan Mode nutrisi termasuk Parasit atau Heterotrof. Mode nutrisi biasanya heterotrofik.
Jumlah 95 hingga 98 persen spesies hewan adalah invertebrata. 2 hingga 3 persen spesies hewan adalah vertebrata.
Contoh Cacing pipih, arthropoda, spons, serangga adalah beberapa contoh Invertebrata. Mamalia, ikan, reptil, amfibi, dan burung adalah contoh Vertebrata.

Perbedaan antara invertebrata dan vertebrata

  1. Invertebrata tidak memiliki tulang punggung sedangkan Vertebrata memiliki tulang punggung dan kerangka internal
  2. Invertebrata Tidak ada dinding sel, dan multiseluler sedangkan Vertebrata Otak yang berkembang dengan baik, kerangka internal, dan sistem saraf canggih.
  3. Invertebrata Hewan kecil dan lebih lambat bergerak sedangkan  Vertebrata Hewan besar dan lebih cepat bergerak.
  4. Invertebrata Memiliki sistem sirkulasi terbuka sedangkan Vertebrata Memiliki sistem sirkulasi tertutup.
  5. Invertebrata Memiliki mata majemuk sedangkan Vertebrata tidak
  6. Invertebrata Termasuk simetri tubuh radial atau bilateral sedangkan  Vertebrata Hanya mencakup simetri tubuh bilateral
  7. Invertebrata Memiliki sistem saraf yang sederhana dan tidak terorganisir sedangkan Vertebrata Memiliki organ yang rumit dan sangat spesifik dengan fungsi tertentu.
  8. Invertebrata Terdiri dari hanya satu lapisan kulit sedangkan Vertebrata Terdiri dari dua lapisan kulit, dermis, dan epidermis
  9. Invertebrata Cara mendapat nutrisi termasuk Parasit atau Heterotrof sedangkan Vertebrata cara mendapat makanan biasanya heterotrofik
  10. Invertebrata 95 hingga 98 persen spesies hewan adalah invertebrata sedangkan Vertebrata 2 hingga 3 persen spesies hewan adalah vertebrata
10 Perbedaan antara invertebrata dan vertebrata

Dalam kingdom animalia, hewan telah diklasifikasikan menjadi dua kategori utama invertebrata dan vertebrata. Diferensiasi ini terutama didasarkan pada kebe

Editor's Rating:
5