Pengertian Alveoli

Alveoli dilapisi dengan satu lapisan sel epitel skuamosa, yang memungkinkan difusi mudah dari gas-gas vital. Sel basal dan apikal merujuk ke sel yang terletak di bagian bawah dan atas struktur, masing-masing. Sel-sel endotel melapisi sistem peredaran darah dan pembuluh darah. Tidak ada kelas formal sel yang dikenal sebagai “sel-sel pernapasan.”

Kantung udara kecil di ujung bronchioles (cabang kecil tabung udara) di paru-paru. Alveoli adalah tempat paru-paru dan aliran darah bertukar karbon dioksida dan oksigen. Karbondioksida dalam darah masuk ke paru-paru melalui alveoli. Oksigen di paru-paru melewati alveoli ke dalam darah.

Bentuk bola Alveoli memberi mereka jumlah maksimum luas permukaan yang mungkin untuk volumenya; area permukaan yang luas ini memungkinkan pertukaran gas yang sangat efisien antara darah dan udara di paru-paru.

Bentuk alveoli yang berbentuk bola atau anggur memungkinkan terjadinya kontak maksimum antara alveoli dan kapiler yang mengelilingi mereka. Alveoli diisi dengan udara yang telah diambil ke paru-paru dari lingkungan, sehingga area permukaan yang tinggi memungkinkan untuk kontak maksimum antara udara dari lingkungan dan kapiler. Oksigen dengan cepat berdifusi melalui dinding alveolar yang sangat tipis ke kapiler, yang membawa sel darah yang mengandung hemoglobin yang mengikat oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Sel darah juga melepaskan karbon dioksida ke alveoli dan paru-paru, itulah sebabnya proses ini disebut pertukaran gas.

Kapiler jauh lebih kecil dari alveoli; mereka mengelilingi alveoli seperti jaring, dan tentu saja bukan penyebab bentuk alveoli. Lebih jauh lagi, meskipun sel-sel alveoli melakukan mensekresikan materi matriks ekstraseluler, sel-sel mempengaruhi struktur matriks ekstraseluler, bukan sebaliknya. Bentuk alveoli sangat penting untuk fungsi mereka dalam pertukaran gas dan tidak dapat dianggap sebagai “kecelakaan,” atau hasil tak terduga dari bentuk struktur biologis lainnya.

Alveoli adalah tempat pertukaran gas di paru-paru. Karena penyebaran gas yang cepat diperlukan antara kapiler dan alveoli, diperlukan lapisan epitel yang sangat tipis. Akibatnya, alveoli menggunakan epitel skuamosa sederhana sehingga gas dapat dengan mudah berdifusi ke dan dari aliran darah.

Alveoli berada di ujung jalur pernafasan pada manusia, dan bertindak sebagai tempat pertukaran gas (karbon dioksida dan oksigen).

Jalur udara melalui saluran pernapasan adalah: trakea, bronkus, bronkhiolus, alveoli. Penting untuk dicatat bahwa tidak ada pertukaran gas yang terjadi di bronkus, tetapi di bronkiolus, yang merupakan saluran keluar yang bercabang dari bronkus utama dan akhirnya mengarah ke saluran alveolar.

Micorvilli ditemukan int usus kecil dan bertindak untuk meningkatkan luas permukaan untuk meningkatkan penyerapan nutrisi. Vesikula sekretorik digunakan untuk mengangkut protein, hormon, dan molekul lain dari sel ke dalam ruang ekstraseluler.

Loading...