Pengertian, contoh, fungsi difusi

Dalam bidang ilmiah dipelajari yang namanya difusi. Nah, untuk lebih memahaminya, berikut ini akan dijelaskan tentang pengertian, contoh dan fungsi difusi.

Pengertian difusi

Difusi adalah proses fisik yang mengacu pada pergerakan bersih molekul dari daerah konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Bahan yang berdifusi bisa berupa benda padat, cair atau gas. Demikian pula, media di mana difusi terjadi juga bisa di salah satu dari tiga keadaan fisik.

Contoh-contoh Difusi

Difusi adalah bagian penting dari banyak proses biologis dan kimia. Dalam sistem biologis, difusi terjadi setiap saat, melintasi membran di setiap sel dan juga melalui tubuh.

Sebagai contoh, oksigen berada pada konsentrasi yang lebih tinggi di dalam arteri dan arteriol, jika dibandingkan dengan kadar oksigen dalam sel-sel yang aktif bernapas. Pada saat darah mengalir ke kapiler di otot atau hati, misalnya, hanya ada satu lapisan sel yang memisahkan oksigen ini dari hepatosit atau serat otot rangka. Melalui proses difusi pasif, tanpa keterlibatan aktif dari molekul lain, oksigen melewati membran kapiler dan memasuki sel.

Sel menggunakan oksigen dalam mitokondria untuk respirasi aerobik, yang menghasilkan gas karbon dioksida sebagai produk sampingan. Sekali lagi, ketika konsentrasi gas ini meningkat di dalam sel, ia berdifusi ke luar menuju kapiler di mana kekuatan darah yang mengalir menghilangkan kelebihan gas dari daerah jaringan. Dengan cara ini, kapiler tetap pada konsentrasi karbon dioksida yang rendah, memungkinkan pergerakan konstan molekul menjauh dari sel.

Contoh ini juga menunjukkan bahwa difusi suatu bahan tidak tergantung pada difusi zat lain. Ketika oksigen bergerak menuju jaringan dari kapiler, karbon dioksida memasuki aliran darah.

Difusi

Dalam proses kimia, difusi sering menjadi prinsip utama yang mendorong banyak reaksi. Sebagai contoh sederhana, beberapa kristal gula dalam segelas air perlahan akan larut seiring waktu. Ini terjadi karena ada pergerakan bersih molekul gula ke dalam media air.

Bahkan dalam reaksi industri besar, ketika dua cairan dicampur bersama, difusi menyatukan reaktan dan memungkinkan reaksi untuk berjalan dengan lancar. Misalnya, salah satu cara poliester disintesis adalah dengan mencampurkan asam organik dan alkohol yang sesuai dalam bentuk cairnya. Reaksi berlangsung ketika kedua reaktan berdifusi satu sama lain dan menjalani reaksi kimia untuk membentuk ester.

Fungsi Difusi

Difusi dalam tubuh manusia diperlukan untuk penyerapan nutrisi yang dicerna, pertukaran gas, penyebaran impuls saraf, pergerakan hormon dan metabolit lainnya menuju organ target mereka dan untuk hampir setiap peristiwa dalam perkembangan embrionik.

Loading...