Fungsi Uterus untuk apa

Fungsi uterus memainkan peran utama dalam kesuburan dan melahirkan anak. Juga dikenal sebagai rahim, uterus adalah organ berlubang dalam sistem reproduksi wanita yang menahan janin selama kehamilan. Organ ini dapat berubah bentuk saat otot mengencang dan rileks untuk memungkinkan untuk membawa janin.

Selama kehamilan, uterus tumbuh dan otot-otot menjadi meregang dan menipis, seperti balon. Tanpa kemampuan untuk berkembang, tubuh manusia tidak akan bisa mentolerir pertumbuhan janin yang cepat.

Lapisan-Lapisan uterus

Anatomi uterus adalah organ berlubang yang terdiri dari tiga lapisan jaringan:

  • Perimetrium: Ini adalah lapisan luar jaringan yang melapisi bagian luar rahim.
  • Miometrium: Lapisan tengah uterus terutama terdiri dari otot polos.
  • Endometrium: Lapisan bagian dalam rahim yang merupakan lapisan yang menumpuk selama sebulan dan dilepaskan setiap bulan jika tidak terjadi kehamilan. Pelepasan lapisan rahim ini adalah periode menstruasi.

Ketika kehamilan terjadi, endometrium memasok nutrisi ke telur yang telah dibuahi, dan akhirnya mendukung plasenta. Sifat otot uterus memungkinkannya berkembang untuk mengakomodasi pertumbuhan janin. Selama persalinan, kontraksi otot di dalam rahim membantu mendorong bayi keluar dari tubuh.

Saat melahirkan, uterus berkontraksi untuk membantu mendorong janin dari tubuh. Kontraksi uterus memeras janin keluar dari rahim dan masuk ke vagina dengan serangkaian gerakan otot. Setelah bayi lahir, rahim terus berkontraksi, yang membantu organ untuk kembali ke ukuran normal dan juga membantu menghentikan pendarahan yang terjadi di rahim selama persalinan.

Rahim dan Pembedahan

Histerektomi adalah operasi untuk mengangkat uterus dan biasanya dilakukan ketika rahim berpenyakit (seperti kanker) atau ketika perdarahan uterus disfungsional (periode berat, periode lama yang menyebabkan anemia) tidak dapat diobati dengan menggunakan metode yang kurang invasif.

C-section adalah operasi untuk mengangkat janin dari rahim daripada melahirkan dengan cara tradisional melalui vagina.

Fungsi Uterus untuk apa

Fungsi uterus memainkan peran utama dalam kesuburan dan melahirkan anak. Juga dikenal sebagai rahim, uterus adalah organ berlubang dalam sistem reproduksi

Editor's Rating:
5