Perbedaan antara bronkus dan bronkiolus

Mamalia bernapas melalui paru-paru. Sistem pernapasan mamalia terdiri dari hidung, mulut, laring, trakea, bronkus, bronkhiolus, dan alveoli. Baik bronkus dan bronkiolus adalah struktur tubular. Bronchi terdiri dari kartilago bentuk-C sementara bronkiolus tidak memiliki dukungan kartilaginosa. Diameter bronkus lebih tinggi daripada bronkiolus ketika bronkus terjadi di depan saluran pernapasan. Bronchi muncul dari trakea dan cabang untuk membentuk bronchioles yang terhubung ke alveoli. Perbedaan utama antara bronkus dan bronkiolus adalah bahwa bronkus terlibat dalam melakukan, menghangatkan, dan membersihkan udara di saluran pernapasan sedangkan bronkiolus terlibat dalam konduksi udara serta pertukaran gas.

Apa yang disebut dengan bronkus?

Bronchus adalah kaliber jalan udara pada sistem pernapasan yang membawa udara ke paru-paru. Tidak terdapat pertukaran udara yang terjadi pada bagian paru-paru ini. Bronkitis merupakan peradangan pada bronkus. Terdapat dua tipe utama: akut dan kronik. Bronkitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Apa yang disebut dengan bronkiolus?

Bronkiolus (jamak bronkioli) adalah percabangan dari bronkus pada batang tenggorok manusia. Bronkioli bercabang pada bronkus tersier pada bronkus dan kemudian menjadi tempat percabangan alveolus. Luas permukaan bronkiolus menentukan besar oksigen yang dapat diikat secara efektif oleh paru-paru.

Perbedaan bronkus dan bronkiolus

  1. Bronchus adalah tabung panjang yang meluas dari trakea, sedangkan bronkiolus adalah tabung yang lebih kecil atau saluran yang terbentuk ketika bronkus dibagi beberapa kali.
  2. Bronchus memiliki diameter besar daripada bronchioles.
  3. Hanya ada dua bronkus (1 Bronchi), selama beberapa Bronkiolus dalam tubuh manusia.
  4. Bronchus mengangkut udara ke bronkiolus, sedangkan bronkiolus mengalirkan udara ke alveoli.
  5. Bronchus terutama terbentuk dari lapisan tulang rawan, sedangkan Bronkiolus terdiri atas otot-otot halus dan jaringan elastis berjajar dengan epitel.
Loading...