Perbedaan antara polistirena dan Styrofoam

Perbedaan utama antara polistirena dan Styrofoam: polistirena adalah bentuk polimer hidrokarbon aromatik sintetik sedangkan styrofoam adalah merek komersial polistirena. Polistirena adalah bahan polimer. Ini terbentuk dari polimerisasi monomer stirena. Dengan demikian, tersedia dalam bentuk padat atau busa, dan itu umum karena tidak mahal. Styrofoam adalah merek dagang dari polistirena.

Pengertian Polistirena

Polistirena adalah polimer hidrokarbon aromatik sintetik. Kita dapat memproduksi polimer ini dari monomer stirena. Ini tersedia dalam dua bentuk sebagai bentuk padat atau sebagai busa. Bahan ini bening, keras, dan agak rapuh. Selain itu, tidak mahal ketika mempertimbangkan berat unit. Namun, penghalang yang buruk untuk oksigen dan uap air.

Polimer ini memiliki titik leleh yang rendah secara komparatif. Itu transparan, dan kita bisa mewarnai resin ini dengan pewarna. Ini adalah polimer termoplastik. Pada suhu kamar, ia dalam kondisi padat. Tetapi jika kita memanaskan polimer ini di atas 100 ° C, bahan mencair. Oleh karena itu, suhu transisi gelas dari bahan ini. Namun, itu menjadi kaku ketika kita mendinginkannya kembali.

Biodegradasi polimer ini sangat lambat. Karena kurang baik bagi lingkungan, kita harus mengurangi penggunaan polistirena. Rumus kimia dari senyawa ini adalah (C8H8)n, dan titik leburnya adalah 240 ° C. Ketika mempertimbangkan struktur kimia dari bahan ini, ia memiliki rantai panjang hidrokarbon dengan pola bolak-balik gugus fenil yang melekat pada rantai karbon.polistirena

Pengertian Styrofoam

Styrofoam adalah merek dagang dari polistirena. Itu jatuh di bawah kategori busa polistirena ekstrusi sel tertutup (XPS). Bahan ini memiliki warna biru muda. Pemilik merek ini adalah The Dow Chemical Company. Styrofoam mengandung sekitar 98% udara; ini membuatnya ringan di pegang.

Ketika mempertimbangkan penggunaan bahan ini, ia memiliki banyak aplikasi sebagai bahan bangunan, dalam selubung insulasi bangunan dan isolasi pipa. Selain itu, kita dapat menggunakan bahan ini di bawah jalan dan struktur lain untuk mencegah gangguan tanah akibat pembekuan. Terlepas dari itu, kita dapat menggunakan panel terisolasi bahan struktural ini; ini digunakan oleh toko bunga dalam produk kerajinan.bungkus nasi

Apa Perbedaan Antara Polistirena dan Styrofoam?

Polistirena adalah polimer hidrokarbon aromatik sintetik sedangkan Styrofoam adalah merek dagang dari polistirena. Ini membuat perbedaan antara polistirena dan Styrofoam. Polistirena tampak transparan. Tetapi berbagai bentuk polistirena memiliki warna berbeda karena menambah pewarna. Misalnya, Styrofoam memiliki warna biru muda.

Selain itu, perbedaan lain antara polistirena dan Styrofoam adalah bahwa polistirena tersedia sebagai produk padat dan produk busa, tetapi Styrofoam hanya tersedia sebagai produk busa. Ada juga perbedaan antara polistirena dan Styrofoam dalam penggunaannya. Styrofoam terutama diproduksi sebagai bahan insulasi pada bangunan dan jalan.

Ringkasan – Polistirena vs Styrofoam

Polistirena adalah bahan polimer umum yang diproduksi dari monomer, stirena. Styrofoam adalah bentuk polistiren. Perbedaan utama antara polistirena dan Styrofoam adalah bahwa polistirena adalah bentuk polimer hidrokarbon aromatik sintetik sedangkan Styrofoam adalah merek dagang polistirena.

Loading...
Perbedaan antara polistirena dan Styrofoam

Perbedaan utama antara polistirena dan Styrofoam: polistirena adalah bentuk polimer hidrokarbon aromatik sintetik sedangkan styrofoam adalah merek komersia

Editor's Rating:
5