Perbedaan antara hiperplasia dan neoplasia

Perbedaan utama antara hiperplasia dan neoplasia adalah bahwa hiperplasia adalah respons fisiologis (normal) terhadap rangsangan yang mengarah pada proliferasi dan pembesaran sel normal suatu jaringan sementara neoplasia adalah proliferasi sel yang abnormal dalam cara non-fisiologis, yang tidak responsif terhadap sebuah stimulus.

Organisme multisel lebih kompleks dan kompeten daripada organisme uniseluler. Mereka memiliki sel khusus yang berbeda, jaringan dan organ karenanya, mereka dapat lebih cocok untuk bertahan hidup di lingkungan. Namun, pembelahan sel adalah proses yang diatur dan sangat ketat dalam organisme multiseluler. Sel membelah pada waktu yang tepat dan pada kecepatan yang tepat. Kadang-kadang proliferasi sel yang normal dapat salah dan menghasilkan pertumbuhan sel yang abnormal juga. Akibatnya, dapat menyebabkan massa sel yang tidak diinginkan atau tumor. Hiperplasia dan neoplasia adalah dua jenis proses proliferasi sel.

Pengertian Hiperplasia

Hiperplasia adalah jenis proliferasi sel yang mengarah pada peningkatan ukuran jaringan. Sebagai akibatnya, pembesaran organ dapat terlihat. Namun, proliferasi sel ini terjadi dalam kondisi normal. Seharusnya tidak bingung dengan neoplasia jinak atau tumor jinak. Tetapi sel-sel tampak normal, dan proliferasi sel ini merupakan respons preneoplastik umum terhadap suatu stimulus. Ketika stimulus berhenti, proliferasi sel dapat dihentikan. Oleh karena itu, dapat dibalik. Terkadang, hiperplasia bertanggung jawab atas peningkatan ukuran sel juga. Tetapi hiperplasia terutama melibatkan peningkatan jumlah sel dalam suatu jaringan.

Karena alasan yang berbeda, hiperplasia dapat terjadi. Ini adalah proses yang tidak berbahaya yang terjadi pada jaringan tertentu. Sebagai akibat dari hiperplasia, pertumbuhan dan penggandaan sel-sel kelenjar yang mensekresi susu dapat terjadi ketika merespons stimulus; kehamilan. Ini adalah proses yang normal. Selanjutnya, proliferasi sel di lapisan basal epidermis kulit menggantikan hilangnya kulit, dan itu terjadi sebagai akibat dari hiperplasia.

Pengertian Neoplasia

Pembelahan sel adalah proses normal namun sangat diatur. Namun, ada yang salah dalam regulasi pembelahan sel. Neoplasia adalah situasi di mana proliferasi sel abnormal terjadi secara non-fisiologis yang tidak responsif terhadap stimulus. Ini adalah pertumbuhan baru yang terjadi karena kesalahan dalam proses pembelahan sel. Sel membelah dengan cepat, dan itu menyebabkan kompresi jaringan tetangga karena terjadi tanpa berkoordinasi dengan mereka. Jadi itu adalah proses yang berbahaya.

Meskipun faktor yang menyebabkan proliferasi sel abnormal berhenti, itu melanjutkan proliferasi sel. Karena itu tidak dapat dibalik. Sebagai contoh, sinar UV dapat mengubah sel kulit, dan sel tertentu itu dapat membelah tanpa terkendali sampai menjadi tumor kulit meskipun sinar UV telah hilang. Neoplasia bisa jinak atau ganas. Jika pertumbuhan baru atau tumor dapat menyerang jaringan lain di sekitarnya dan menyebar, itu adalah tipe ganas. Kanker adalah jenis neoplasia ganas. Neoplasma ganas adalah kata lain untuk kanker. Pada neoplasia jinak, sel-sel berdiferensiasi baik, tidak menyerang jaringan di sekitarnya dan perlahan-lahan tumbuh. Namun, pada neoplasia ganas, sel-sel berdiferensiasi buruk, menyerang jaringan di sekitarnya dan tumbuh cepat.

Apa Persamaan Antara Hiperplasia dan Neoplasia?

  1. Hiperplasia dan Neoplasia adalah proses proliferasi sel.
  2. Keduanya membuat pembesaran jaringan terjadi.

Apa Perbedaan Antara Hiperplasia dan Neoplasia?

Hiperplasia dan neoplasia adalah dua proses proliferasi sel. Hiperplasia terjadi dalam kondisi normal sedangkan neoplasia tidak. Oleh karena itu, neoplasia, sebagian besarĀ  berbahaya sedangkan hiperplasia tidak berbahaya sepanjang waktu. Neoplasia dapat menyebabkan kondisi kanker ketika pertumbuhan baru menyerang dan menyebar ke jaringan lain.

Ringkasan – Hiperplasia dan neoplasia

Hiperplasia adalah jenis proliferasi sel yang terjadi sebagai respons terhadap stimulus. Oleh karena itu, ini mengakibatkan pembesaran jaringan atau organ dalam kondisi normal. Di sisi lain, neoplasia adalah pertumbuhan baru yang abnormal yang bisa jinak atau ganas. Proliferasi sel tidak reversibel pada neoplasia sementara itu reversibel pada hiperplasia. Inilah perbedaan antara hiperplasia dan neoplasia.

Loading...
Perbedaan antara hiperplasia dan neoplasia

Perbedaan utama antara hiperplasia dan neoplasia adalah bahwa hiperplasia adalah respons fisiologis (normal) terhadap rangsangan yang mengarah pada prolife

Editor's Rating:
5