Perbedaan Sel darah merah dan sel darah putih

Dua komponen utama dari darah manusia adalah sel darah merah dan sel darah putih. Sementara kedua jenis sel darah diproduksi dengan cara yang sama, mereka memiliki fungsi yang sangat berbeda di dalam tubuh. Tanpa kedua sel darah merah dan putih, fungsi tubuh yang penting untuk kesehatan yang baik tidak akan mungkin.

Origins (asal usul)

Sel darah merah dan putih diproduksi dengan cara yang sama. Sembilan puluh lima persen dari semua sel darah diproduksi di sumsum tulang, yang merupakan bahan halus seperti spons di pusat tulang. Sel darah lainnya diproduksi di hati, limpa dan kelenjar getah bening. Semua sel darah mulai sebagai sel induk. Sel induk kemudian matang dan berevolusi menjadi sel darah merah, sel darah putih atau platelet.

Fungsi Sel Darah Merah

Sel darah merah membantu darah untuk melakukan fungsi terpentingnya. Sel darah merah berjalan melalui aliran darah untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke bagian lain dari tubuh dan membawa karbon dioksida kembali ke paru-paru. Gas-gas tersebut diangkut oleh protein dalam sel darah merah yang dikenal sebagai hemoglobin. Hemoglobin membentuk 95 persen volume sel darah merah dan, ketika teroksigenasi, memberikan sel darah merah warna merah tanda tangan mereka.

Fungsi Sel Darah Putih

Sel darah putih adalah sel-sel yang melawan penyakit tubuh manusia. Sel-sel ini melawan bakteri, virus, dan jamur berbahaya dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Sel darah putih menghasilkan antibodi, yang dapat mengalahkan kuman. Mereka juga dapat bekerja dengan mengelilingi dan memakan bakteri berbahaya. Sel darah putih juga berperan penting dalam menghilangkan sel darah merah yang mati dan sekarat dari tubuh, serta melahap zat asing seperti debu dan asbes.

Masa hidup

Sel darah merah dan putih hidup di dalam tubuh untuk jangka waktu yang berbeda. Semua sel darah akhirnya hidup lebih lama dari umur yang berguna dan mati. Masa hidup rata-rata untuk sel darah merah adalah 120 hari. Sel darah putih memiliki rentang hidup yang jauh lebih pendek, hidup rata-rata dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Sel-sel ini mati, mereka secara konstan digantikan oleh sel-sel darah baru yang diproduksi di dalam sumsum tulang.

Jumlah

Aliran darah yang sehat mengandung lebih banyak sel darah merah daripada sel darah putih. Dalam tubuh yang sehat, sel darah merah biasanya membentuk antara 40 dan 50 persen dari volume darah keseluruhan. Sel darah putih umumnya menyusun sekitar 1 persen volume darah. Jumlah setiap jenis sel darah yang ada dalam darah dapat bervariasi berdasarkan kondisi medis tertentu. Orang yang menderita anemia biasanya memiliki lebih sedikit sel darah merah. Orang yang melawan infeksi cenderung memiliki lebih banyak sel darah putih.

Bedanya sel darah merah dan putih

Nama PakarDefinisi
Haar TilarHAM adalah hak hak yang melekat pada diri setiap insan dan tanpa memiliki hak-hak itu maka setiap insan tidak bisa hidup selayaknya manusia. Hak tersebut diperoleh sejak lahir ke dunia.
Austin-RanneyHAM adalah ruang kebebasan bagi setiap individu yang dirumuskan dengan rinci dan jelas dalam konstitusi serta sudah dijamin pelaksanaannya oleh pemerintah.
Jack DonneyHAM adalah hak-hak yang dimiliki oleh manusia semata-mata dikarenakan dia sebagai seorang manusia. Umat manusia memilikinya bukan karena yang diberikan kepadanya oleh masyarakat atau mengacu pada hukum positif, melainkan itu berdasar pada adanya martabat sebagai seorang manusia dan Hak tersebut merupakan suatu pemberian Tuhan YME
Karel VasakHAM di klasifikasikan dari tiga generasi yang terinspirasi oleh tiga tema pada Revolusi Perancis, yaitu: Generasi Pertama; Hak Politik dan Sipil (Liberte); Generasi Kedua, Hak Sosial, Ekonomi dan Budaya (Egalite) dan Generasi Ketiga, Hak Solidaritas (Fraternite). Tiga generasi tersebut perlu dipahami sebagai satu kesatuan, saling melengkapi dan saling berkaitan. Vasak menggunakan istilah "generasi" untuk menunjuk pada ruang lingkup dan substansi hak-hak yang diprioritaskan pada satu kurun waktu tertentu.
Prof. Koentjoro PoerbopranotoHAM adalah suatu hak yang sifatnya asasi atau mendasar. Hak-hak yang dimiliki setiap manusia berdasarkan kodratnya yang pada dasarnya tidak akan bisa dipisahkan sehingga bersifat suci.
Oemar Seno AdjiHAM ialah hak yang melekat pada setiap martabat manusia sebagai insan dari ciptaan Tuhan YME yang memiliki sifat tidak boleh dilanggar oleh siapapun (manusia / kelompok lain).
G.J WolhosHAM merupakan sejumlah hak yang sudah melekat serta mengakar dalam diri setiap manusia di dunia dan hak-hak tersebut tidak boleh dihilangkan, karena menghilangkan HAM orang lain sama dengan menghilangkan derajat kemanusiaan.
Leah KevinMenurut Leah Kevin Konsepsi tentang hak-hak asasi manusia mempunyai dua makna dasar. Yang pertama adalah bahwa hak-hak hakiki dan tak terpisahkan menjadi hak seseorang hanya karena ia merupakan manusia. Hak-hak itu merupakan hak-hak moral yang berasal dari keberadaannya sebagai manusia dari setiap umat manusia. Makna kedua dari hak-hak asasi manusia ialah hak-hak hukum, baik secara internasional atau nasional.
MuladiHAM adalah segala hak pokok atau dasar yang telah melekat pada diri manusia dalam kehidupannya.