Persamaan Mitokondria dan nukleus

Mitokondria dan nukleu merupakan dua hal yang berbeda. Tetapi walaupun berbeda, ada beberapa persamaan diantara keduanya. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan mitokondria dan nukleus, kemudian dilanjutkan dengan persamaan nukleus dan mitokondria.

Pengertian nukleus

Nukleus adalah organel yang ditemukan pada sel eukariotik. Organel ini mengandung sebagian besar materi genetik sel dengan bentuk molekul DNA linier panjang yang membentuk kromosom bersama dengan beragam jenis protein. Gen di dalam kromosom-kromosom inilah yang membentuk genom inti sel.

Fungsi utama nukleus adalah untuk menjaga integritas gen-gen tersebut dan mengontrol aktivitas sel dengan mengelola ekspresi gen. Selain itu, nukleus juga berfungsi untuk mengorganisasikan gen saat terjadi pembelahan sel, memproduksi mRNA untuk mengkodekan protein, sebagai tempat sintesis ribosom, tempat terjadinya replikasi dan transkripsi dari DNA, serta mengatur kapan dan di mana ekspresi gen harus dimulai, dijalankan, dan diakhiri.

Apa yang disebut dengan mitokondria?

Mitokondria, kondriosom (bahasa Inggris: chondriosome, mitochondrion, plural:mitochondria) yaitu organel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel makhluk hidup, selain fungsi seluler lain, seperti metabolisme asam lemak, biosintesis pirimidina, homeostasis kalsium, transduksi sinyal seluler dan penghasil energi berupa adenosina trifosfat pada lintasan katabolisme.

Mitokondria mempunyai dua lapisan membran, yaitu lapisan membran luar dan lapisan membran dalam. Lapisan membran dalam ada dalam bentuk lipatan-lipatan yang sering disebut dengan cristae. Di dalam mitokondria terdapat ‘ruangan’ yang disebut matriks, di mana beberapa mineral dapat ditemukan. Sel yang mempunyai banyak mitokondria dapat dijumpai di jantung, hati, dan otot.

Persamaan nukleus dan mitokondria

Mitokondria dan nukleus adalah kantong yang dindingnya terbuat dari dua membran. Sebuah mitokondria memiliki membran luar dan membran dalam. Sebuah nukleus juga memiliki membran luar dan membran dalam. Kedua membran mitokondria yang melayani tujuan yang berbeda.

nukleus dan mitokondria mengandung DNA yang mengkode untuk bahan bangunan ribosom. Protein ribosom dan ribosom RNA yang dibuat oleh nukleus dan mitokondria. Protein dan RNA bergabung membentuk ribosom dewasa.

Loading...