Sebutkan Contoh Konveksi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian konveksi adalah pergerakan molekul-molekul pada fluida (yaitu cairan atau gas) dan rheid. Konveksi tak dapat terjadi pada benda padat, karena tidak ada difusi yang dapat terjadi pada benda padat. Yang dimaksud konveksi merupakan salah satu cara perpindahan panas dan massa utama. Perpindahan panas dan massa terjadi melalui difusi dan adveksi. Perlu diketahui bahwa istilah konveksi biasanya digunakan untuk perpindahan panas melalui konveksi.

Contoh Konveksi Sehari-Hari

Air Mendidih

Hawa panas bergerak berpindah dari kompor ke panci, memanaskan air di bagian bawah. Kemudian, air panas ini naik dan air dingin bergerak turun untuk menggantikannya, menyebabkan gerakan melingkar.

Radiator

Pada radiator, menaruh udara hangat keluar di bagian atas dan menarik udara yang lebih dingin di bagian bawah.

Secangkir teh panas yang mengepul. Uap menunjukkan panas yang ditransfer ke udara.

Es mencair

Saat panas bergerak ke es dari udara. Hal ini menimbulkan peleburan dari padat menjadi cair.

Balon udara panas

Pemanas di dalam balon memanaskan udara dan udara bergerak ke atas. Ini menyebabkan balon naik karena udara panas terperangkap di dalamnya. Ketika pilot ingin turun, ia melepaskan beberapa udara panas dan udara dingin mengambil tempat, menyebabkan balon menjadi lebih rendah.

Pencairan bahan beku

Makanan beku lebih cepat dicairkan di bawah air dingin yang mengalir jika ditempatkan dalam air. Tindakan air yang mengalir mentransfer panas ke dalam makanan lebih cepat.

Konveksi dalam Meteorologi dan Geologi

Mantle convection

Mantel batu Bumi bergerak perlahan karena konveksi arus yang mentransfer panas dari bagian dalam Bumi ke permukaan. Inilah alasan lempeng tektonik bergerak secara bertahap di sekitar Bumi. Bahan panas ditambahkan di tepi tumbuh piring dan kemudian mendingin. Di tepi konsumsi, material menjadi padat oleh kontraksi dari panas dan tenggelam ke Bumi di parit samudera. Ini memicu pembentukan gunung berapi.

Sirkulasi samudera

Air hangat di sekitar khatulistiwa bersirkulasi menuju kutub dan air dingin di kutub bergerak menuju khatulistiwa.

Efek stack

Juga disebut sebagai efek cerobong, ini adalah gerakan udara masuk dan keluar bangunan, flues atau benda lain karena daya apung. Dalam hal ini, daya apung mengacu pada kerapatan yang berbeda di udara antara udara di dalam dan udara di luar. Gaya apung meningkat karena ketinggian struktur yang lebih besar dan perbedaan yang lebih besar antara tingkat panas di dalam dan di luar udara.

Konveksi bintang

Bintang memiliki zona konveksi di mana energi digerakkan oleh konveksi. Di luar inti adalah zona radiasi di mana plasma bergerak. Arus konveksi terbentuk ketika plasma naik dan plasma yang didinginkan turun.

Konveksi gravitasi

Hal ini menunjukkan ketika garam kering berdifusi ke bawah ke dalam tanah basah karena air tawar terapung dalam air asin.

Konveksi paksa

Ini adalah tempat kipas, pompa atau perangkat hisap digunakan untuk memfasilitasi konveksi. Berikut contohnya:

  • AC
  • Pemanasan pusat
  • Turbin uap
  • Penukar panas
  • Pemanasan aerodinamis menggunakan baling-baling dalam cairan
  • Radiator mobil menggunakan cairan
  • Sirkulasi darah pada hewan berdarah hangat
  • Gelombang kejut berasal dari ledakan
  • Oven konveksi
Loading...