Sebutkan Jenis avertebrata menurut lapisan tubuhnya

Dengan berdasarkan tingkat perkembangan lapisan tubuhnya, Invertebrata tersebut dibedakan menjadi diploblastik dan triploblastik.

Diploblastik

Hewan diploblastik ini memiliki dua (2) lapisan tubuh, yakni endodermis (dalam) serta ektodermis (luar), misalnya Porifera dan Cnidaria.

Triploblastik

Dengan berdasarkan ada tidaknya rongga tubuh (selom), hewan triploblastik ini dibedakan menjadi triploblastik selomata, triploblastik pseudoselomata, serta juga triploblastik aselomata, dibawah ini merupakan penjelasannya :

Triploblastik Selomata

Hewan-hewan triploblastik selo¬mata ini mempunyai tiga lapisan tubuh (ektodermis, mesodermis, serta juga endo¬dermis) dan juga memiliki rongga tubuh yang terisi oleh cairan serta juga ada peng- gantung organ (yang disebut mesenteron misalnya seperti Annelida, Mollusca, Arthro- poda, Echinodermata, dan juga Chordau (hewan bertulang belakang).Hewan-hewan yang termasuk kelompok Invertebrata, diantaranya seperti Porifera (hewan berpori), Cnidaria (hewan bersengat), Platyhelminthes (cacing pipih), Nemathelminthes (cacing benang/ cacing gilik), Annelida (cacing gelang), Mollusca (hewan bertubuh lunak), Arthropoda (hewan yang mempunayai kaki bersendi-sendi), dan Echinodermata (hewan atau animalia berkulit duri).

Triploblastik Pseudoselomata

Hewan-hewan pada golongan ini memiliki tiga (3) lapisan tubuh (ektodermis. mesodermis, serta juga endodermis) yang mempunyai rongga dalam saluran tubuh. misalnya seperti Nemathelminthes.

Triploblastik Aselomata

Hewan-hewan triploblastik aselo-mata mempunyai tiga lapisan tubuh (ektodermis, mesodermis, dan endo-dermis) dan tidak mempunyai rongga tubuh, misalnya seperti Platyhelminthes (cacing pipih).

Loading...