Sebutkan langkah melakukan pukulan bola softball

Banyak sekali olahraga yang menggunakan bola sebagai alatnya. Misalnya sepakbola, bola voli, bola basket, softball,dan lain-lain.

Kali ini, saya akan mencoba menjelaskan permainan softball, semoga bermanfaat.

Sofbol atau dikenal dengan softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim. Permainan sofbol lahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887. Sofbol merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol atau hardball.

Bola sofbol dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defensif) dan tim yang memukul (ofensif). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate.

Softball

 

Lapangan Softball

Lapangan sofbol berbentuk bujur sangkar. Dibagi menjadi daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory). Lebih jauh dalam daerah fair terbagi menjadi dua bagian, bagian dalam (Infield), dan bagian luar (outfield).

Di dalam daerah dalam terdapat 4 marka (base). Setiap marka diberi nomor berlawanan dengan arah jarum jam, dimulai dari marka awal yang disebut home plate, diteruskan dengan marka pertama, marka kedua dan marka ketiga. Marka berbentuk bujur sangkar dengan sisi 38 cm (15 inci) yang dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Sudut dari keempat marka membentuk bentuk empat persegi yang disebut berlian (diamond).

Di belakang home plate terdapat batasan yang disebut backstop sejauh 7,62 dan 9,14 meter di belakang home plate.

Cara memukul bola pada permainan softball

  1. Posisi badan berdiri dengan posisi kaki melangkah, badan agak condong ke depan lutut, dan pinggul rileks.
  2. Kayu pemukul/stik dipegang dengan kedua tangan di atas belakang bahu.
  3. Pandangan ke arah pitcher/ pelambung.
  4. Setelah bola dilemparkan oleh pitcher, lakukan ayunan stik ke arah datangnya bola.
  5. Ayunkan kembali kedua lengan dan tangan sehingga bola dan pemukul bertubrukan.
  6. Arahkan pukulan ke bawah, menyusur tanah/men- datar, atau melambung jauh ke belakang.
  7. Pada akhir pukulan diikuti badan sedikit memutar sebagai gerakan lanjutan.
Loading...