Tubuh lalat mengandung racun dan juga obatnya (penawarnya)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Bila ada llat hinggap di dalam salah seorang minuman di antara kamu, maka hendaklah ia membenamkan lalat itu ke dalam gelas, kemudian buanglah. Karena, sesungguhnya pada salah satu sayapnya terdapat kesembuhan (obat) dan pada sayap yang lain terdapat penyakit (HR Bukhari)

Dan dalam hadis lain:

Dari Abu sa’id al Khudri, Rasulullah saw bersabda, “Pada salah satu sayap lalat terdapat racun dan pada sayap yang lain terdapat kesembuhan (obat). bila lalat itu hinggap pada makanan, maka benamkanlah lalat itu ke dalam makanan. Karena, sesungguhnya lalat itu mendahulukan racun dan mengakhirkannya dengan kesembuhan.” (HR Ibnu Majah dan Imam Ahmad)

Lalat

Allah swt berfirman dalam surat Ali Imran ayat 190-191:

  1. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
  2. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.

Lalat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan bisa atau racun sebagai bentuk pertahanan dirinya. Sama halnya dengan ular yang memiliki bisa mematikan, ternyata Allah swt meletakkan anti racunnya di dalam tubuh ular sendiri.

Loading...