15 soal essay sistem pernapasan pada manusia lengkap jawaban pembahasan

Pengertian sistem pernapasan pada manusia adalah suatu hal yang merujuk kepada sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Sistem pernapasan umumnya termasuk saluran yang digunakan untuk membawa udara ke dalam paru-paru di mana terjadi pertukaran gas. Diafragma menarik udara masuk yang mengandung oksigen, dan juga mengeluarkan udara yang mengandung karboondioksida dan uap air. Di bawah ini ada 15 soal essay sistem pernapasan pada manusia lengkap jawaban pembahasan.

Sistem pernapasan yang terjadi pada manusia adalah merupakan proses menghirup oksigen dari udara, kemudian mengeluarkan gas karbon dioksida dan uap air dengan menggunakan alat pernapasan.
1. Jelaskan seseorang terkena penyakit bronchitis!

Jawaban: Bronchitis adalah peradangan pada selaput lender bronkus, saluran udara yang membawa aliran udara dari trakea ke dalam paru-paru.

2. Sebutkan gejala-gejala seseorang terkena emfisema!

Jawaban:
Gejala emfisema:
a. sesak napas dalam waktu lama dan tidak dapat disembuhkan dengan obat pelega yang biasa digunakan penderita sesak napas.
b. nafsu makan yang menurun dan berat badan yang menurun juga biasa dialami penderita emfisema.

3. Bagaimana cara mencegah tertular penyakit TBC?

Jawaban:
Cara mencegah tertularnya penyakit TBC adalah sebagai berikut:
a. selalu berusaha mengurangi kontak dengan penderita TBC paru aktif
b. selalu menjaga standar hidup yang baik, caranya bisa dengan mengkonsumsi makanan yang bernilai gizi tinggi. Menjaga lingkungan selalu sehat baik itu di rumah maupun di tempat kerja (kantor), dan menjaga kebugaran tubuh dengan cara menyempatkan dan meluangkan waktu untuk berolah raga.
c. pemberian vaksin BCG, tujuannya untuk mencegah terjadinya kasus infeksi TBC yang lebih berat vaksin BCG secara rutin diberikan kepada semua balita.

4. Sebutkan secara urut dari luar ke dalam saluran pernapasan pada manusia!

  • Hidung. Hidung adalah awal dan akhir dari udara yang masuk ke paru-paru.
  • Faring. Faring adalah percabangan dua saluran, yaitu tenggorokan (saluran pernapasan) dan kerongkongan (saluran pencernaan).
  • Laring. Laring adalah akhir dari batang tenggorokan yang tersusun atas tulang rawan.
  • Trakea. Trakea adalah sebutan lain untuk tenggorokan.
  • Bronkus. Bronkus adalah cabang tenggorokan.
  • Bronkiolus. Bronkiolus terdapat di dalam paru-paru dan bercabang-cabang.
  • Alveolus. Alveolus juga terdapat di dalam paru-paru.

5. Apakah Fungsi Silia dan selaput lendir pada rongga hidung ?

Jawaban: untuk menyaring kotoran yang masuk bersama udara yang dihirup, mendeteksi bau, dan mengatur suhu udara pernapasan.

6. Proses apakah yang mendasari terjadinya respirasi?

Jawaban: Respirasi tidak sama dengan breathing/bernafas. respirasi adalah reaksi kimia yang terjadi di semua sel hidup, termasuk tumbuhan dan hewan. ini merupakan proses pelepasan energi dari glukosa sehingga semua proses kimia lain yang diperlukan untuk kelangsungan hidup bisa berjalan.

7. Jelaskan tiga bahan utama yang terkandung dalam asap rokok!

  • Tar. Tar bukanlah komponen asap yang spesifik, melainkan mengacu kepada partikel-partikel asap yang terukur dalam metode pengujian mesin.
  • Nikotin. Nikotin adalah zat kimia yang terkandung secara alami dalam tanaman tembakau. Apabila tembakau dibakar, nikotin berpindah ke dalam asap.
  • Karbon Monoksida. Karbon monoksida adalah gas yang terbentuk dalam asap rokok.

8. Mengapa merokok dapat Berbahaya bagi sistem pernapasan ?

Jawaban:
Karena rokok mengandung banyak bahan kimia berbahaya. Lebih kurang 1.000 jenis senyawa kimia terkandung didalam rokok. Dan ada juga 3 racun
-Tar dapat menimbulkan kanker paru2 dan menimbulkn iritasi pada paru2
-Nikotin bersifat adiktif sehingga dapat menyebabkan ketagihan
-Karbon monoksida mengurangi suplai oksigen.

9. Sebutkan lima penyakit yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok!

  • Kanker
  • Penyakit paru obstruktif kronik
  • Jantung
  • Stroke
  • Kulit keriput

10. Apa pengaruh Nikotin Terhadap sistem pernapasan ?

Jawaban: Nikotin mengandung candu sehingga mampu menyebabkan seseorang ketagian.pengaruh niikotin bagi tubuh manusia:
a. menyebabkan kecanduan atau ketergantuan merusak jaringan otak
b. menyebabkan darah cepat membeku
c. mengeraskan dinding arteri.

11. Anjas tersedak saat makan sambil bercanda bersama temannya. Anjas minum banyak air putih agar segera sembuh dari tersedaknya. Apakah menurutmu dengan minum air putih akan sembuh dari tersedak? Jelaskan!

Jawaban: Tidak, tersedak terjadi karena masuknya partikel makanan ke dalam saluran pernapasan. Minum air putih tidak dapat akan membantu proses pengeluaran partikel makanan dari saluran pernapasan. Minum air putih hanya akan melegakan si penderita.

12. Mengapa dalam keadaan normal makanan tidak pernah salah masuk ke system respirasi? Jelaskan!

Jawaban: Karena terdapat epiglotis yang akan menutup saluran pernapasan ketika sedang menelan makanan sehingga makanan dalam keadaan epiglotis normal tidak akan salah masuk ke saluran pernapasan. Ketika bernapas epiglotis akan membuka memungkinkan udara dapat masuk ke saluran pernapasan.

13. Jelaskan apa yang terjadi pada tenggorokan Anda ketika Anda tidur dengan mulut terbuka, terutama bila hidung Anda terpasang sebagai hasil dari cuaca dingin. Jelaskan apa yang mungkin terjadi pada paru-paru Anda ketika Anda berjalan jauh dalam cuaca sangat dingin saat breating cepat melalui mulut!

Jawab  : Hal ini adalah penyebab tidur mendengkur, apalagi jika tidur dengan mulut terbuka, maka saat itu, otot-otot di belakang atap mulut (soft palate), lidah, dan tenggorokan akan relaks. Jika otot-otot ini terlalu relaks, mereka akan mempersempit atau menghambat jalan pernapasan. Ketika  bernapas, soft palate dan uvula akan bergetar dan membentur bagian belakang tenggorokan.

Hal ini akan menimbulkan suara dengkuran. Semakin sempit saluran pernapasan, jaringan akan bergetar semakin kuat, dan bunyi dengkuran juga akan semakin keras.

Breathing control adalah suatu teknik bernafas dengan menggunakan paru sisi bawah dan menghindari atau meminimalkan penggunaan otot-otot bantu nafas ( otot dada atas dan otot-otot bahu ) sehingga diperoleh suatu kondisi yang santai ( rileks ).

14. Pengobatan pneumathorax melibatkan clusing pembukaan ke dalam rongga pleura yang menyebabkan pneumathorax tersebut. Kemudian tabung adalah tempat ke dalam rongga pleura. Dalam rangka untuk mengembang paru-paru, harus ini pompa tabung di udara di bawah tekanan (seperti dalam meledakkan ballon a) atau harus tabung dengan tabung hisap? Jelaskan.

Jawab  : Kolaps paru-paru / pneumothoraks (Pneumothorax) adalah penimbunan udara atau gas di dalam rongga pleura. Rongga pleura adalah rongga yang terletak diantara selaput yang melapisi paru-paru dan rongga dada. Pengobatan dilakukan dengan cara mengeluarkan udara dari rongga pleura, sehingga paru-paru bisa kembali mengembang.

Penyerapan total udara dari pneumotoraks yang besar memerlukan waktu sekitar 2-4 minggu. Jika pneumotoraksnya sangat besar sehingga menggangu pernafasan, maka dilakukan pemasangan sebuah selang kecil pada sela iga yang memungkinkan pengeluaran udara dari rongga pleura. Selang dipasang selama beberapa hari agar paru-paru bisa kembali mengembang. Untuk menjamin perawatan selang tersebut, sebaiknya penderita dirawat di rumah sakit.

15. Mengapa manusia perlu bernapas ?

Jawaban : Manusia perlu bernapas untuk bertahan hidup. segala aktivitas manusia memerlukan oksigen. seperti mencerna makanan dan menggerakkan tubuh. kemudian buangan hasil dari pernapasan yaitu karbon dioksida juga dilakukan oleh sistem pernapasan.