5 Jenis Bakteri Menguntungkan Manusia

Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi. Beberapa kelompok bakteri dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok lainnya dapat memberikan manfaat dibidang pangan, pengobatan, dan industri.

Ada beberapa bakteri yang bisa menguntungkan manusia, diantaranya ialah:

Lactobacillus acidophilus

Lactobacillus acidophilus adalah salah satu dari delapan genera umum dari bakteri asam laktat. Tiap genus dan spesies nya mempunyai karakteristik yang berbeda. Namun, secara umum mereka merupakan bakteri gram positif berbentuk kokus atau batang, bersifat non motil, dan nonspora yang memproduksi asam laktat sebagai produk utama dari metabolisme fermentasi dan menggunakan laktosa sebagai sumber karbon utama dalam memproduksi energi. L. acidophilus dapat tumbuh baik dengan oksigen ataupun tanpa oksigen, dan bakteri ini dapat hidup pada lingkungan yang sangat asam sekalipun, seperti pada pH 4-5 atau dibawahnya dan bakteri ini merupakan bakteri homofermentatif yaitu bakteri yang memproduksi asam laktat sebagai satu-satunya produk akhir. Bakteri ini merupakan bakteri Lactobacillus yang dikenal sangat baik, umumnya bakteri ini ditemukan di dalam gastro intestinal manusia, hewan, mulut, dan vagina.

Bacillus subtilis

Bacillus subtilis, dikenal juga sebagai hay bacillus or grass bacillus, adalah bakteri Gram-positif, katalase-positif, ditemukan di dalam tanah dan saluran pencernaan ruminansia dan manusia. Sebuah anggota genus Bacillus, B. subtilis adalah berbentuk batang, dan dapat membentuk endospora pelindung yang keras, memungkinkan untuk mentoleransi kondisi lingkungan yang ekstrim. B. subtilis secara historis telah diklasifikasikan sebagai aerob obligat, meskipun ada bukti bahwa bakteri ini adalah anaerob fakultatif. B. subtilis dianggap sebagai bakteri Gram-positif yang dipelajari paling baik dan organisme model untuk mempelajari replikasi kromosom bakteri dan diferensiasi sel. Bakteri ini adalah salah satu bakteri dalam produksi enzim yang disekresikan dan digunakan pada skala industri oleh perusahaan bioteknologi.

Bifidobacterium animalis

Bifidobacterium animalis adalah bakteri gram-positif, anaerobik, berbentuk batang dari genus Bifidobacterium yang dapat ditemukan di usus besar kebanyakan mamalia, termasuk manusia.

Bifidobacterium animalis dan Bifidobacterium lactis sebelumnya digambarkan sebagai dua spesies berbeda. Saat ini, keduanya dianggap B. animalis dengan subspesies Bifidobacterium animalis subsp. animalis dan Bifidobacterium animalis subsp. laktis.

Kedua nama lama B. animalis dan B. lactis masih digunakan pada label produk, karena spesies ini sering digunakan sebagai probiotik. Dalam banyak kasus, subspesies apa yang digunakan dalam produk tidak jelas.

Streptococcus thermophilus

Streptococcus thermophilus juga dikenal sebagai Streptococcus salivarius subsp. thermophilus adalah bakteri gram positif, dan anaerob fakultatif fakultatif, dari kelompok viridans. Tes ini negatif untuk sitokrom, oksidase, dan katalase, dan positif untuk aktivitas alfa-hemolitik. Ini non-motil dan tidak membentuk endospora. S. thermophilus adalah fimbriated. Ini memiliki kisaran suhu pertumbuhan optimal 35 – 42 ° C sementara L. bulgaricus memiliki rentang optimal 43 – 46 ° C.

Ini juga diklasifikasikan sebagai bakteri asam laktat. S. thermophilus ditemukan dalam produk susu fermentasi, dan umumnya digunakan dalam produksi yogurt, bersama Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus. Kedua spesies sinergis, dan S. thermophilus mungkin menyediakan L. d. bulgaricus dengan asam folat dan asam format yang digunakan untuk sintesis purin.

Lactobacillus reuteri

Lactobacillus reuteri adalah bakteri Gram positif yang secara alami menghuni usus mamalia dan burung. Pertama kali dijelaskan pada awal 1980-an, beberapa strain L. reuteri digunakan sebagai probiotik.

Loading...