Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh menurut islam

Saat ini banyak sekali lembaga pengobatan atau klinik yang menjadikan puasa sebagai cara atau metode penyembuhan penyakit. Sebagai umat islam, kita diwajibkan untuk berpuasa sebagai bentuk ketaatan kita terhadap Allah, seperti yang tercantum dalam Al Quran surat al Ahzab ayat 36:

“Dan tidaklah layak bagi kaum mukmin atau mukminah jika Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu urusan mereka merasa ragu terhadap urusan mereka. Dan barangsiapa bermaksiat kepada Allah dan Rasul-Nya, maka sungguh ia telah sesat dengan kesesatan yang nyata.”

Oleh karena itu, kita harus semakin yakin terhadap kebenaran ajaran islam, karena selain memberikan pahala yang besar, kita juga mendapatkan manfaat medis dengan tubuh yang lebih sehat dan kuat.

Orang yang berpuasa biasanya merasa berat pada hari-hari pertama. Biasanya mereka merasa sakit kepala, gelisah, mual dan lain sebagainya. Hal ini terjadi karena tubuh ketika terlepas dari rutinitasnya sehari-hari, memproduksi beberapa macam toksin yang bergerak dalam aliran darah sebelum dikeluarkan dari tubuh.

Ketika  bergerak dalam aliran darah, toksin-toksin itu menyusuri berbagai bagian tubuh beserta seluruh sistem dan jaringannya, yang meliputi jantung, otak, jaringan urat syaraf, dan lain-lain. Gejala-gejala peredaran toksin dalam darah itu terlihat pada hari-hari pertama puasa, dan nantinya akan menghilang setelah beberapa hari. Kesimpulannya adalah bahwa puasa itu banyak sekali memberikan manfaat lahir batin bagi yang melaksanakannya.

Loading...