Apakah fungsi hati dalam sistem pencernaan manusia

Hati merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Berdasarkan fungsinya, hati juga termasuk sebagai alat ekskresi. Hal ini dikarenakan hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi.

Hati memiliki banyak fungsi, tetapi fungsi utamanya dalam sistem pencernaan adalah memproses nutrisi yang diserap dari usus kecil. Empedu dari hati yang disekresikan ke usus kecil juga memainkan peran penting dalam mencerna lemak. Selain itu, hati adalah “pabrik” kimia tubuh. Dibutuhkan bahan baku yang diserap oleh usus dan membuat semua bahan kimia yang dibutuhkan tubuh berfungsi. Hati juga mendetoksifikasi bahan kimia yang berpotensi membahayakan. Ini memecah dan mengeluarkan banyak obat.

Hati adalah organ visceral terbesar dan melakukan lebih dari 200 fungsi. Beberapa fungsi utama meliputi:

Metabolisme zat yang diserap

  • metabolisme karbohidrat: mensintesis dan menyimpan glikogen ketika kadar glukosa meningkat dan kerusakan glikogen ketika kadar glukosa turun di bawah normal
  • metabolisme lipid: triagliserida dan kolesterol dilepaskan dari hati ketika kadar darah menurun
  • metabolisme asam amino: asam amino disintesis menjadi protein atau dapat diubah menjadi glukosa atau lipid ketika ada permintaan energi.
  • penyimpanan vitamin dan mineral: hati berfungsi sebagai reservoir untuk sebagian besar vitamin dan mineral.

Pengaturan darah

  • obat, produk limbah dan penghapusan racun
  • penghapusan antibodi
  • pengolahan hormon yang beredar dalam darah seperti adrenal, tiroid, hormon, vitamin D, dll.
  • Membuat protein plasma seperti albumin dan faktor pembekuan
  • menghasilkan empedu.

Struktur Hati

Hati adalah organ yang berbentuk seperti coklat kemerahan, dengan empat lobus dengan ukuran dan bentuk yang tidak sama. Hati manusia biasanya memiliki berat 1,44-1,66 kg (3,2-3,7 lb), dan memiliki lebar sekitar 15 cm. Ini adalah organ internal terberat dan kelenjar terbesar di tubuh manusia. Terletak di kuadran kanan atas rongga perut, ia terletak tepat di bawah diafragma, di sebelah kanan lambung dan menutupi kandung empedu.

Hati terhubung ke dua pembuluh darah besar: arteri hepatika dan vena portal. Arteri hepatic membawa darah kaya oksigen dari aorta, sedangkan vena porta membawa darah kaya nutrisi yang dicerna dari seluruh saluran pencernaan dan juga dari limpa dan pankreas. Pembuluh darah ini membagi menjadi kapiler kecil yang dikenal sebagai sinusoid hati, yang kemudian menyebabkan lobulus.

Lobulus adalah unit fungsional dari hati. Setiap lobulus terdiri dari jutaan sel hati (hepatosit), yang merupakan sel metabolisme dasar. Lobulus dipegang bersama oleh lapisan jaringan ikat fibroelastik yang halus, padat, tidak beraturan, yang meluas dari kapsul fibrosa yang menutupi seluruh hati yang dikenal sebagai kapsul Glisson. Ini meluas ke dalam struktur hati, dengan menyertai pembuluh darah (pembuluh darah dan arteri ), saluran, dan saraf di hilus hepatic. Seluruh permukaan hati kecuali untuk daerah telanjang, ditutupi mantel serosa berasal dari peritoneum, dan ini melekat kuat ke kapsul Glisson bagian dalam.

Loading...